Kuliah Untuk Apa? Mahal!

FEB Undip (15/09) – Telah berlanngsung acara “Kang Sate” (Kajian dan Ngobrol Santai Terbuka) oleh BEM FEB yang di adakan di Dome FEB Undip. Acara ini dimulai dari jam 16.00-18.00 WIB. Acara tersebut mengusung tema “Kuliah untuk apa? Mahal!”.

Tujuan utama dari acara ini adalah brainstroming untuk mahasiswa baru. Diharapkan mereka dapat mengetahui esensi dari berkuliah. “Tujuannya sih sebenarnya ajang brainstorming dari maba, agar maba mengenal dunia perkuliahan itu seperti apa. Namun, malah acara ini berubah menjadi ajang refleksi bagi mahasiswa lama, sudah sejauh mana kuliah yang kita tempuh, apakah kuliah yang kita tempuh ini sudah sesuai dengan harapan kita masing-masing,” ujar Hasmi.

Meskipun antusias dari mahasiswa kurang, diskusi berjalan menarik. Banyak peserta yang mencoba menggali permasalahan mengenai “untuk apa kita kuliah”. Sahid, salah satu peserta diskusi, berpendapat bahwa mahasiswa sekarang banyak yang pragmatis. Sedangkan Bagas berpendapat bahwa stigma masyarakat mengenai nilai yang bagus merupakan tujuan belajar. Beberapa peserta pun juga ikut menyumbankan idenya terkait permasalahan di dunia pendidikan. Mereka mengkritisi mengenai kesadaran diri dari mahasiswa sendiri hingga kebijakan-kebijakan pemegang jabatan yang dirasa kurang pas untuk memajukan pendidikan.

“Kekurangannya mungkin keterbatasan waktu yaitu kita dimulai dari jam 4 dan berakhir di jam 6, itu menurut saya kurang untuk sebuah jalannya diskusi. Karena masalah yang ada sangat kompleks.” tutur Bagas, salah satu peserta diskusi. Ia juga berharap bahwa kedepannya banyak lagi diadakan diskusi seperti ini. Serta Hasmi pun berharap bahwa diskusi ini akan terus ada. Selain itu, antusiasme mahasiswa baru dapat meningkat.

Reporter : Rafi, Abdan

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *