Kisah KSEI dalam 3 Days with Sharia Economics Competition 2013

(kiri-kanan) Ubay, Naris, Roma (doc. KSEI)
Kelompok Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (KSEI FEB Undip) menutup November 2013 dengan torehan prestasi. Pasalnya, dalam ajang 3 Days with Sharia Economics Competition 2013 (3SEC) yang diselenggarakan 29-30 September 2013 lalu, tim KSEI Undip berhasil menjadi salah satu yang terbaik.

Dalam ajang yang dihelat oleh Islam Studies of Economics Group (ISEG) Universitas Padjajaran ini, tim KSEI Undip yang digawangi oleh Dwi Sasana Ramadhan, Rahasanica Nariswari, dan Muhammad Ubaidillah meraih juara tiga dalam Lomba Karya Tulis Ekonomi Islam (LKTEI). Menariknya lagi, ajang ini merupakan perlombaan perdana bagi ketiganya. Mulanya, LKTEI ini diikuti oleh 26 tim kemudian tersaring menjadi 10 finalis, yaitu tiga wakil dari Universitas Padjajaran, dua wakil masing-masing dari Universitas Diponegoro dan Universitas Airlangga serta tiga finalis lainnya berasal dari Universitas Gunadarma, Universitas Hassanuddin, dan Universitas Brawijaya.

Di ajang ini, tim Ubaidillah dan kawan-kawan mengambil subtema “Sosialisasi Investasi Syariah” dengan mengusung judul “Menggagas Pendidikan Informal Investasi Syariah Terhadap Anak Usia Matang Untuk Signifikansi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Di Masa Depan.”

Menurut Dwi, penulisan karya ilmiah ini dilatarbelakangi adanya oleh kurang diminatinya investasi syariah di Indonesia. Melihat beberapa fakta dilapangan seperti penduduk Indonesia yang secara mayoritas memeluk agama Islam, pun demografi penduduk Indonesia yang didominasi oleh anak usia 9 sampai 14 tahun. Berangkat dari hal tersebut, mereka kemudian memutuskan untuk menjadikan anak usia tersebut sebagai landasan penanaman investasi syariah.

“Penulisan ini paling berat di komitmen dan konsistensinya, nah entar kalo udah lolos ini yang ke final ini yang berat intinya di pengurusan surat surat dana dari fakultas itu,” ujar Dwi saat ditanya terkait kendala yang dihadapi. Ia berharap karya tulis mereka tersebut dapat diperlombakan pada ajang lain, “kita mau karya tulis ini digerakin untuk berangkat ke Pimnas,” tuturnya.

Selain LKTEI, dipertandingkan pula ajang Business Plan dalam 3SEC. Pada perlombaan Business Plan, FEB Undip juga berhsail menorehkan prestasi gemilang. Rizky Eko Saputro (Manajemen 2012) meraih juara 1 pada kategori lomba tersebut. (nq)

Reporter: Andika, Indah
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *