Kompetisi Debat DJKN Goes to Campus Memasuki Babak Penyisihan

2014-03-26-11-30-01_photo
(doc.Edents)

Undip (26/3) – Ketiga kalinya Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Goes to Campus diadakan di Universitas Diponegoro (Undip). Tahun ini, acara tersebut diselenggarakan pada 26-27 Maret, setelah sebelumnya digelar di Universitas Indonesia dan Universitas Padjajaran. Kompetisi debat ini mengambil tema “Peran Strategis Pengelolaan Kekayaan Negara dalam Perekonomian Indonesia”. Babak penyisihan dan semi final diadakan pada Rabu (26/3) di gedung Prof. Satjipto Rahardjo Fakultas Hukum (FH) Undip. Kompetisi debat ini diikuti 16 dari 32 tim yang mendaftar. Setiap tim terdiri dari tiga orang mahasiswa dan seorang dosen pendamping. Sebelumnya, peserta diharuskan mengirimkan paper dengan tema yang telah ditentukan. Setelah itu, paper akan diseleksi oleh juri hingga terpilih 16 paper terbaik yang berhak masuk ke babak kompetisi debat.

Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ikut berpartisipasi diantaranya Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Negeri Jendral Soedirman (Unsoed), Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Universitas Semarang (USM), dan Undip. Bertindak sebagai juri dalam kompetisi ialah akademisi dari FH Undip, FEB Undip, dan pihak DJKN. Topik yang diusung dalam lomba debat ini meliputi, asuransi aset negara, pengelolaan piutang negara di bawah PUPN, pengadaan aset negara melalui leasing atau sewa, pembentukan BLU dalam rangka mengoptimalkan aset negara, renegosiasi kontrak kerjasama SDA, peranan pemerintah dalam lelang sebagai regulator atau eksekutor, serta optimalisasi peran BUMN melalui privatisasi atau holdingisasi.

Arif Ardiansyah selaku ketua pelaksana berharap kedepannya acara ini tidak hanya berupa sosialisasi dan debat, namun bisa berupa diskusi dan Focus Group Discussion (FGD). “Kita hanya satu bulan persiapan, kendalanya lebih dimasalah publikasi.” Sementara itu, dari sudut pandang peserta kekurangan acara ini ialah missed communication mengenai topik debat. “Untuk skema dari technical meeting sudah bagus hanya saja ada miss sedikit dari motionnya kalo menurut saya masih umum yaitu mengenai BLU,” ujar Gufrani salah satu peserta debat. Hasil dari babak penyisihan dan semi final hari ini, mengantarkan tim Kaelan dari Undip serta tim Syafrudin dari Unsoed ke babak final. Babak final ini akan dilanjutkan pada hari Kamis (27/3) di gedung Prof. Soedarto, SH. (nq)

 Reporter: Dian, Sahniza 

 

Facebook Comments