KSBA Gelar Seminar Budaya

Undip (3/5) – Kelompok Studi Bahasa Asing (KSBA) Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) menggelar seminar budaya “Save Our Culture For a Better Future” pada Sabtu (3/5). Hadir sebagai pembicara dua budayawan Indonesia, Eros Djarot dan Arswendo. Acara ini berlangsung di Gedung Prof Soedarto Undip dan merupakan satu dari serangkaian acara yang diadakan KSBA pada hari tersebut.

Menurut Arswendo, kebudayaan adalah tata nilai dan tata krama yang ada dalam masyarakat itu sendiri. Contohnya tarian saman yang menggambarkan nilai-nilai budaya Islam, yaitu budaya yang ada dan berkembang pada masyarakat Indonesia sehingga menjadikannya sebuah nilai yang khas. Sedangkan Eros Djarot mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan alat atau media untuk mengetahui dan memperkenalkan diri kita kepada dunia, khususnya dalam menjawab persoalan-persoalan kebudayaan.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Arswendo bahwa unsur pokok kebudayaan seperti yang tercantum dalam perundang-undangan adalah kreativitas, kebutuhan untuk berprestasi, bersekutu dengan orang lain, dan profesionalisme. Sedangkan kreativitas adalah kegiatan menciptakan sesuatu hal yang baru atau memperbaharui sesuatu yang lama. Arswendo mengatakan bahwasannya kreativitas dalam berbudaya adalah penting untuk menghindari tindak plagiarisme yang kini sedang marak terjadi di Indonesia.

Menilik pada beberapa kasus plagiarisme dan klaim khususnya oleh pihak Malaysia terhadap beberapa kebudayaan Indonesia, Eros Djarot beranggapan bahwa hal tersebut sudah sepantasnya terjadi. Ia mengatakan bahwa masyarakat Indonesia tidak mampu mencintai dan menjaga budayanya sendiri, sehingga sudah sepantasnya Indonesia menanggung risiko tersebut. “Baru setelah dicuri, para menteri dan pejabat ikut ribut ngurusin. Bisa saja ada beberapa oknum TKI di Malaysia yang terlibat dan kemudian ketawa cekikikan melihat para petingginya bertingkah seperti itu,” kelakar Eros Djarot. Seminar budaya ini berakhir pada pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan festival budaya dan berbagai lomba band serta dance di pelataran gedung Prof. Soedarto. (nq)

Reporter: Benna Andriyani

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *