KSEI Gelar Pelatihan Karya Tulis Ekonomi Islam

(dok.Edents)
(dok.Edents)

FEB Undip (12/4) – Bertempat di Ruang Serbaguna, Gedung PKM lantai dua Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip), Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) menggadakan Pelatihan Karya Tulis Ekonomi Islam. Acara yang dihelat Sabtu (12/4) ini menghadirkan Asep Muhammad Samsudin dan Darwanto sebagai pembicara.

Di awal acara, para peserta disuguhi video mengenai kelemahan sistem kapitalis dan sistem uang serta perbankan. Video tersebut menceritakan sejarah uang mulai awal hingga akhir beserta kelemahan sistem peredaran uang. Menurut ketua panitia, Luhur Jalu Tawakkal pemutaran video ini bertujuan untuk menambah wawasan peserta sekaligus dapat dijadikan sumber inspirasi tema dalam penulisan karya tulis ilmiah.

Materi pertama diisi oleh Asep Muhammad Samsudin. Ia menyatakan, karakterisitik karya tulis ilmiah ialah menggunakan metode ilmiah, sistematis, objektif, mudah dipahami, dasar argumentasinya kuat, solutif terhadap masalah, dan yang terakhir kreatif serta inovatif. Asep juga menjelaskan cara menulis karya ilmiah yang baik dan benar. Dia berpesan agar seluruh peserta pelatihan karya tulis ilmiah mulai menulis. “Tak ada resep yang lebih baik untuk menjadi penulis kecuali menulis sekarang juga,” pesannya.

Memasuki materi kedua, Darwanto menjelaskan mengenai sistematika karya tulis ilmiah. Selain itu Darwanto juga memaparkan tentang cara memunculkan inspirasi atau ide dalam pembuatan karya tulis ilmiah. Penjelasan dimulai dengan sejarah Ekonomi Islam sampai isu-isu terkini terkait Ekonomi Islam.

“Ini acara dari Departemen Kalit khususnya penelitian. Tujuannya untuk menumbuhkan semangat menulis bagi mahasiswa khususnya mengenai Ekonomi Islam,” ujar Mustika Dyah Indraswari, Kabiro Penelitian Departemen Kalit KSEI. Ia berharap dari pelatihan ini akan tumbuh output berupa tulisan dan kecintaan mahasiswa terhadap Ekonomi Islam. (nq)

Reporter: Ari Nugroho

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *