Kuliah Umum: Perkembangan Ekonomi Dan Kebijakan Fiskal Terkini

FEB Undip (18/9) – FEB Undip kembali mengadakan kuliah umum di Hall Gedung C dengan tema Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Terkini dengan pembicara Kepala Pusat Kebijakan Ekonomi Makro BKF Kementerian Keuangan, Parjiono.

Acara yang dimoderatori oleh Hadi Sasana selaku Akademisi FEB dan dimulai pada pukul 09.30 dengan dihadiri oleh mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Pemilihan tema Perkembangan Ekonomi dan Kebijakan Fiskal Terkini disesuaikan dengan kondisi perekonomian Indonesia saat ini yang dipengaruhi oleh ketidakstabilan perkembangan perekonomian dunia. Seminar ini merupakan media untuk menginformasikan sekaligus meminta masukan kepada civitas akademika terkait langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah dalam memperbaiki dan meningkatkan kebijakan-kebijakan khususnya perekonomian.

Parjiono memaparkan materi seputar perkembangan ekonomi global, perkembangan ekonomi domestik, dan perkembangan indikator utama ekonomi Indonesia. Tak hanya itu, ia juga menjelaskan mengenai strategi kebijakan pemerintah dalam menjawab tantangan ekonomi yaitu masalah struktural dan kondisi ekonomi global. Strategi kebijakan pemerintah tersebut terbagi menjadi strategi jangka panjang dan jangka pendek. Strategi kebijakan pemerintah jangka panjang berupa budget reform, sedangkan strategi kebijakan pemerintah jangka pendek berupa stimulus fiskal. Parjiono berharap kebijakan-kebijakan tersebut dapat membuahkan hasil, yang diindikasikan dengan peningkatan penerimaan negara dari sektor pajak, peningkatan daya saing ekonomi, efisiensi biaya, peningkatan produktivitas, penyerapan anggaran pemerintahan secara optimal, serta kontribusi ekpor-impor yang lebih baik.

Dengan diadakannya acara kuliah umum di FEB ini Parjiono berharap agar para mahasiswa mengetahui perkembangan Ekonomi negara Indonesia. “Mereka harus tau perkembangan ekonomi kita yang sedang sulit agar kita tidak tinggal diam, tapi kita berusaha,” ujar Parjiono. (gt)

Reporter : Gadis, Anisa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *