Kurang Diminati Mahasiswa, KSEI FEB Sosialisasikan PKM KT

PhotoGrid_1450192252729

FEB Undip (15/12) – Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dikti) tawarkan kepenulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yaitu Karya Tulis (KT). Menjelang realisasi PKM KT oleh Dikti pada akhir Maret 2016, Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan. Acara ini berlangsung di Gedung PKM FEB lantai dua pukul 14.00 – 17.00.

Rendahnya minat mahasiswa FEB terhadap PKM KT dibandingkan dengan bidang lainnya melatarbelakangi KSEI mengadakan pelatihan ini. Hal ini disampaikan oleh  Nisaulfathona selaku ketua panitia. Menurutnya, FEB Undip sendiri belum pernah mengadakan sosialisasi dan pelatihan PKM KT baik dari himpunan mahasiswa maupun Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Sosialisasi dan pelatihan PKM KT ini menghadirkan Lintang Priskaniswari Putri, finalis PKM Gagasan Tertulis (GT) pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-28 di Universitas Haluoleo, Kendari. Selain itu, hadir pula Abdul Syakur yang memberi penjelasan tentang teknis pembuatan PKM KT. Ia menjelaskan bahwa PKM KT tersebut dibagi atas PKM Artikel Ilmiah (AI) dan PKM Gagasan Tertulis (GT).

Ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam membuat PKM KT, seperti format makalah, gagasan, dan sumber informasi. Format makalah mengambil bobot nilai 15 persen dari total keseluruhan, sementara gagasan yang meliputi kreativitas gagasan dan kelayakan implementasi sebesar 40 persen, dan sumber informasi 25 persen.

Abdul menambahkan bahwa sumber informasi bisa berasal dari jurnal, buku, hasil observasi, dan wawancara. Terkait penggunaan jurnal dan buku sebagai sumber informasi, terdapat ketentuan khusus untuk menjaga relevansi dan keakuratan informasi yang akan disajikan. Jurnal yang dapat digunakan berusia maksimal sepuluh tahun, sementara buku lima tahun.

Pelatihan dan Sosialisasi PKM KT ini terbukti menyedot antusiasme mahasiswa. Dengan target peserta sebanyak enam puluh orang, Nisaulfathona melihat antusias warga Undip cukup besar. “Alhamdulillah peserta yang daftar nggak hanya dari FEB, tapi ada juga yang dari FISIP, dari FKM juga ada,” tutur Nisaul.

Fauzian, salah seorang peserta, mengaku mendapat pencerahan secara mendetail terkait pembuatan PKM KT. Namun menurut Fauzian, publikasi yang dilakukan belum maksimal, sehingga peserta masih didominasi oleh anggota KSEI. “Harapan saya dengan adanya pelatihan PKM ini mahasiswa Undip, khususnya mahasiswa FEB, bisa lebih tertarik dan giat lagi dalam membuat PKM KT,” ucap Fauzian. (nw)

Reporter: Cynthia Farah 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *