Lagi, KSEI Gelar KNKEI

FEB Undip (20/9) – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FEB Undip kembali menggelar kuliah non kurikuler ekonomi islam (KNKEI). Setelah minggu lalu biro KNKEI menyelenggarakan open ceremony, akhir pekan ini digelar pertemuan kedua di ruang EB 3.4 FEB Undip. Peserta Acara yang bertema “Mencetak Generasi Islam yang Berkarakter” ini tak hanya diikuti mahasiswa FEB Undip, melainkan juga mahasiswa IAIN Walisongo Semarang.

Materi pertama mengenai Ekonomi Islam diberikan oleh Arif Pujiyono, akademisi FEB Undip. Dalam materinya, ia menjelaskan konsep dan ruang lingkup Ekonomi Islam. Ia menerangkan bahwa dalam ekonomi konvensional, kemiskinan adalah suatu masalah yang perlu diatasi. Sedangkan dalam agama Islam, kemiskinan merupakan salah satu ujian. Terdapat tiga asumsi dalam Ekonomi Islam yaitu penyebaran dakwah dan pengenalan muamalah Ekonomi Islam kepada masyarakat, umat Islam menjalankan syariat muamalah Ekonomi Islam, dan umat Islam menggunakan akal sesuai fungsinya dengan tetap bertindak rasional ekonomis.

Pada akhir materi, diadakan forum diskusi yang mengangkat beberapa kasus ekonomi yang terjadi di masyarakat. Pun diadakan kuis untuk mengulang materi yang telah diberikan. Acara yang diadakan pada setiap akhir pekan ini mendapat respon yang baik dari peserta. “Sebenarnya sudah cukup bagus acaranya,” ujar Fauzian, mahasiswa manajemen 2013. Agesti Mita selaku Kabiro KNKEI mengatakan bahwa KNKEI bertujuan untuk mewadahi mahasiswa mempelajari ekonomi Islam. “Semoga KNKEI bisa membagi ilmu ekonomi islam kepada peserta dan dapat membangun softskill peserta,” ujar Mita.

Reporter: Nur Wahidin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *