Lewat Seminar, HMJ IESP Perkenalkan PKM AI dan GT

IMG-20160303-WA0003[1]

FEB Undip (3/03) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (HMJ IESP) mengadakan seminar tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Jenis PKM yang dibahas pada seminar kali ini adalah PKM Artikel Ilmiah (AI) dan Gagasan Tertulis (GT). Bertempat di Hall gedung C FEB Undip, acara ini menghadirkan tiga pembicara, antara lain Ahmad Syakir Kurnia selaku Ketua Jurusan IESP, Firmansyah selaku Pembantu Dekan III, dan Shoimatul Fitria selaku akademisi FEB.

Adapun latar belakang diadakannya acara ini karena peminat PKM AI dan GT di jurusan IESP tergolong sedikit. Oleh karena itu, mahasiswa IESP diajak untuk menuangkan idenya melalui tulisan. Syakir menekankan perlunya mahasiswa untuk ikut serta berpartisipasi dalam PKM. Dari PKM itulah mahasiswa dapat mengembangkan minat dan idenya dengan dukungan pendanaan dari Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). Sementara Firmansyah menyampaikan dalam proses penyusunan PKM perlu adanya kualitas bimbingan yang benar dan belajar dari pengalaman.

Pembiacara ketiga merupakan akademisi FEB Undip sekaligus dosen pembimbing PKM, yakni Shoimatul Fitria. Shoimatul menjelaskan tentang kiat-kiat yang harus dilakukan pada saat menulis PKM GT.  Contohnya memulai dengan mencari kakak tingkat yang lolos  PKM-GT tahun lalu. Selanjutnya ia mengatakan bahwa mahasiswa harus menentukan tema yang jelas dan spesifik. Shoimatul menambahkan, menulis atau mengajukan PKM haruslah multidisiplin dan memiliki pandangan yang jelas. Beberapa waktu yang lalu FEB mewajibkan seluruh mahasiswa baru untuk membuat PKM. Akan tetapi, dari 200 kelompok yang mengajukan proposal, hanya 6 yang terpilih. Dua diantaranya dibimbing oleh Shoimatul.

Yermianto selaku panitia mengatakan selain untuk mengenalkan PKM AI dan GT, seminar ini juga bertujuan untuk membentuk sikap kritis mahasiswa.  “Menciptakan mahasiswa yang  yang bisa membuat PKM yang baik yang bakal lolos ke Dikti nantinya,” ujar Yermianto. Diharapkan ke depannya mahasiswa FEB akan mampu mewakili Undip di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). (nw)

Reporter : Abdan, Niri

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *