Literacy Talkshow “Buku Melangitkanku”

FEB Undip (11/3) – Dalam rangka Dies Natalis ke-54, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) digelar literacy talkshow bertajuk “Buku Melangitkanku”. Acara yang diselenggarakan di Hall Gedung C lantai 4 FEB Undip, Selasa (11/3). Talkshow ini menghadirkan Luthfi Hamidi dan  Jonriah Ukur (Jonru) Ginting sebagai pembicara. Kedua pembicara tersebut merupakan alumni FEB, sekaligus mantan punggawa LPM Edents (Edenster –red) pada masanya. Acara yang dimulai pukul 10.00 WIB ini dipandu oleh Agus M. Irkham, seorang kurator naskah buku.

Luthfi Hamidi adalah seorang penulis buku dan founder “Quranomics”. Ia telah menerbitkan beberapa buku, salah satunya “Jejak-jejak Ekonomi Syariah”. Baginya buku mengingatkan rasa bangga bahwa para penulis pernah ada. Menulis buku juga menandakan pendapat sang penulis telah dibaca banyak orang. Luthfi pun menberikan kiat-kiat dalam menulis buku, “memulai untuk menulis dari sekarang, mengatur ide-ide yang muncul agar dapat dibuat menjadi kalimat,” ujarnya. Selain itu, mahasiswa merupakan potensi yang sangat besar jika dilihat dari perspektif penerbit. Menurutnya, potensi ini didukung dengan jumlah karya tulis mahasiswa yang cukup banyak di Indonesia.

Tidak jauh berbeda dengan Luthfi yang mengajak mahasiswa untuk menulis, Jonru Ginting pun turut memotivasi mahasiswa. Sebagai penulis dan pemilik dapurbuku.com, Jonru meyakinkan bahwa siapa saja mungkin untuk menulis. Ia mengatakan bahwa menulis merupakan salah satu keahlian yang dimiliki semua orang.  “Tidak semua orang dapat menjadi dokter, tapi semua orang dapat menjadi penulis,” tukasnya. Tidak hanya menulis, Jonru juga mengajak mahasiswa untuk berbisnis dari tulisan mereka, misalnya di dapurbuku.com siapapun dapat mencetak buku sesuai dengan modal yang dimilikinya. Dalam acara ini baik Jonru maupun Lutfi membagikan bukunya kepada peserta yang mengajukan pertanyaan dan mampu menjawab pertanyaan dari keduanya.

Gisella Sharon, salah seorang peserta yang hadir mengatakan bahwa talkshow ini menginspirasi. “Seharusnya waktu bagi pembicara untuk menjelaskan bukunya diperpanjang,” tuturnya. Sedangkan Asti, salah satu panitia berharap dapat menyuguhkan acara yang lebih baik sehingga kekompakan tim (panitia) semakin terpupuk. (nq)

 

Reporter : Shofiyatul, Indah Natalia

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *