Livestock And Culture Parade 2015

FPP Undip (17/4) – Peringatan Hari Kartini bertajuk Livestock and Culture Parade 2015 berlangsung di Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Universitas Diponegoro pada Jumat (17/4) lalu. Diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pertanian FPP Undip, parade diramaikan dengan Pemilihan Putri Kartini Universitas Diponegoro, pelatihan Boneka Horta, lomba menghias makanan oleh Indonesia Chef Association, serta bazaar kewirausahaan.

Pemilihan Putri Kartini bertujuan untuk mengangkat kembali karakter Kartini pada diri wanita-wanita Indonesia. Sosok Kartini yang diharapkan tidak hanya cantik, tetapi berkarakter dan berwawasan luas. Pemilihan Putri Kartini dimulai pada pukul 08.00 WIB, dilanjutkan dengan catwalk dan interview serta diakhiri pada pukul 11.00 WIB dengan rekapitulasi nilai dan pengumuman Putri Kartini Undip 2015.  Kali ini, Putri Kartini dinobatkan kepada Gina Fita Prilia dari Teknik Lingkungan Universitas Diponegoro. Gina mengaku sangat bahagia, kaget dan tidak menyangka bahwa akhirnya ia dapat menyabet gelar tersebut. Alasan Gina mengikuti pemilihan Putri Kartini ini karena ingin menambah pengalaman, sebab menurutnya experience is the best teacher. “Acara ini merupakan acara yang patut diteruskan untuk tahun berikutnya karena dengan acara ini kita sebagai mahasiswa terutama bagi para perempuan Indonesia dapat terus mengenang jasa-jasa pahlawan kita khususnya kartini sebagai implementasi dari perwujudan emansipasi wanita,” ujar Gina.

Selanjutnya, terdapat pelatihan Boneka Horta yang diisi oleh owner sekaligus founder Boneka Horta, Gigin Mardiansyah dari Institut pertanian Bogor. Pelatihan Boneka Horta dimulai dengan pembukaan, kemudian materi Boneka Horta dan sesi tanya-jawab, materi oleh dosen, studi kasus, serta diakhiri dengan praktik Boneka Horta dan penutup. Sementara itu, terdapat juga lomba menghias  makanan oleh Indonesia Chef Asociation yang ditujukan kepada mahasiswa-mahasiswi serta dosen FPP Undip. Lomba ini dimenangkan oleh Dharma Wanita. Disamping itu, terdapat Bazar Kewirausaan yang dijuarai oleh Ecohits dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan.

Selain itu terselenggara pula acara pemecahan Rekor Muri dengan memasak 21 resep, 4 jenis telur dan 2015 butir telur oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FPP Undip. ”Latar belakang dari acara ini sebenernya kita pengen mengguyupi teman-teman dari Undip supaya mereka juga istilahnya ikut makan bareng aja, bareng kita-kita,” ujar Cristian Budi selaku ketua panitia pemecahan Rekor Muri. Kegiatan memasak 2015 telur ini dilaksanakan oleh Indonesia Chef Association, kemudian makanan-makanan tersebut dibagikan kepada para pengunjung secara gratis. Christian berharap di tahun kedepannya ada pemecahan rekor muri yang aneh dan unik lagi.

Livestock and Culture Parade menuai antusias besar dari civitas akademika. Hal ini terlihat dari banyaknya jumlah partisipan dalam acara ini. “Meriah ya pertama, terus banyak lomba-lomba juga, masak terus ada lomba kartini, terus ada stand-stand juga yaa pokoknya menariklah,” ujar Shafira dari FPP jurusan Agroteknologi 2014, salah satu pengunjung dan peserta lomba memasak. Ia berharap agar pada perayaan tahun depan terdapat inovasi baru serta memperbanyak jumlah stand.

Reporter : Luthfi, Dian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *