LPJ Tengah Tahun Ormawa FEB Undip Selesai, Ini Dia Hasilnya

FEB Undip (28/8) – Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, Senat Mahasiswa (SM) FEB Undip menggelar acara Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Tengah Tahun Organisasi Mahasiswa FEB Undip. Acara ini diikuti oleh seluruh pimpinan organisasi mahasiswa (ormawa) se-FEB Undip. Dalam LPJ ini, masing-masing pimpinan ormawa melaporkan program kerja dan kegiatan yang telah terlaksana selama setengah tahun kepengurusan sebagai bentuk pertanggungjawaban.

Afif Arfenda selaku Ketua SM FEB Undip, menuturkan bahwa adanya acara LPJ Tengah Tahun bertujuan untuk mempertanggungjawabkan segala hal yang telah direncanakan untuk satu tahun kepengurusan ormawa, terutama perihal anggaran. “Ya tujuannya itu tadi untuk mempertanggungjawabkan dana yang kita dapat dari mahasiswa ini, kita gunakana untuk apa, seberapa maksimal penggunaanya, serapannya, dan lain-lain,” tukas Afif. Dirinya juga menjelaskan bahwa LPJ Tengah Tahun bagi SM FEB Undip sendiri telah terlaksana sebelum liburan semester genap lalu.

Afif mengungkapkan bahwa mekanisme penilaian telah melalui proses Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan para pimpinan ormawa. Ia juga menyebutkan bahwa perumusan sistem penilaian tersebut telah melalui dua kali proses RDP. “Yang pertama peraturan mahasiswanya, yang kedua pedomannya. Lebih ke pedomannya sih. Misalnya berapa persen, berapa persen”. Dirinya berharap agar masing-masing ormawa bisa menyelesaikan seluruh tugas serta kewajiban yang telah disepakati di sisa setengah kepengurusan ini.

Naufal Haidar Farras, Ketua HMEI FEB Undip, berpendapat bahwa secara keseluruhan keberlangsungan acara sudah cukup lancar. Namun, dirinya menyayangkan adanya keterlambatan dalam keberlangsungan acara tersebut. “Di undangan seharusnya jam tujuh, tapi jam tujuh baru dibuka Hall Gedung C-nya, dan baru mulai sekitar setengah sembilan kalau gak salah. Itu menjadi catatan aja sih, karena kan kalau ormawa, waktu terlambat aja dinilai gitu, gimana kalau acara senat?”. Naufal juga berpesan agar masing-masing ketua ormawa lebih menghargai ketepatan waktu.

Naufal berharap agar ke depannya iklim keorganisasian di FEB Undip semakin baik dengan semakin meningkatnya minat mahasiswa untuk ikut berpartisipasi aktif dalam berorganisasi. “Semoga tahun depan itu iklim organisasi semakin baik, banyak mahasiswa yang daftar, mengurangi apatis gitu. Jadi kalau semisal banyak mahasiswa yang daftar, organisasi jadi akan lebih banyak pilihan gitu untuk mendapatkan kader-kadernya,” tutup Naufal.

Setelah dilakukan proses LPJ Tengah Tahun oleh masing-masing ormawa yang ada di FEB Undip, munculah hasil dalam bentuk nilai yang diberikan oleh SM FEB Undip. Berikut hasil penilaian bagi masing-masing ormawa: BEM FEB Undip (77,32), BAK FEB Undip (85,93), HMDA (76,03), HMDM (72,73), HMD IESP (75), HMEI (77,60), KSPM (79,58), KMW (66,03), KSEI (80,92), ECOFINSC (40), KESMES (32,5), UKM-F Tari (61,3), EV (33), Teater Buih (20), Basket (60), Bola (60), Voli (50), Fepala (67,6), EECC (75,7), Mizan (88,2), PRMK (97,7), PMK (20), LPM Edents (91,8).

Di penghujung acara LPJ Tengah Tahun, Afif menjelaskan bahwa nilai antarormawa memang terlihat sangat timpang. Hal itu dikarenakan program kerja dari masing-masing ormawa ada yang sudah rampung selama setengah kepengurusan, ada yang tengah berjalan, dan ada juga yang belum selesai.

Reporter: Dirga.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *