LPM Momentum Hadirkan Alvin Adam dalam Seminar Nasional dan Pelatihan Jurnalistik

Semarang (20/12)– Seminar Nasional dan Pelatihan Jurnalistik “Explore Yourself with Journalistic”, hari ini diselenggarakan  oleh Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Momentum di Aula Balai Kesehatan Paru Masyarakat. Acara dimulai pada pukul 08.45 WIB dan dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta seperti Poltekes Semarang, Untag, dan Unissula. Terselenggara berkat kerja sama dengan Kompas Kampus dan Aero Vendor One, LPM Momentum menghadirkan tiga pembicara, Alvin Adam Arifin yang merupakan host dalam talkshow Just Alvin, Sutomo selaku fotografer senior di Suara Merdeka, serta Sulastri Sutrisno wartawan senior Kompas.

Seminar dimulai dengan sambutan dari Pembantu Dekan Fakultas Teknik Undip dan dilanjutkan penampilan Accoustic Band Fakultas Hukum Undip. Acara ini terdiri dari tiga sesi yang masing-masing diisi oleh pembicara dengan moderator yang berbeda. Sesi pertama di isi oleh Sutomo, biasa di panggil Mas Tom. Dalam sesi ini, Mas Tom memberikan materi mengenai “Jurnalistik Foto” dan menayangkan beberapa hasil karyanya. Sesi pertama diakhiri dengan tanya jawab dan pemberian kenang-kenangan.

Dimoderatori oleh Afifah Rahmawati (Redaktur Pelaksana LPM Momentum), sesi kedua diisi oleh Sulastri Sutrisno yang mengulas tentang bagaimana kepenulisan dalam sebuah berita. Menurutnya, penulisan jurnalistik cenderung kepada gaya feature yang menggunakan bahasa sederhana, dengan alur cerita yang mengalir, ringan, sehingga mudah dibaca.

Sesi terakhir diisi oleh Alvin Adam Arifin, TV Host Just Alvin, News Anchor di Metro TV. Alvin menceritakan bagaimana cara menjadi seorang jurnalis entertaint yang sebenarnya dengan menggunakan sistem jurnalistik rasa. Selain itu, ia juga menceritakan pengalamannya selama menjadi pembawa acara “Just Alvin”. Sesi ditutup dengan tanya jawab dan penyerahan kenang-kenangan.

Menurut  Oriza selaku ketua panitia, kendala selama persiapan acara paling besar ada pada bagian sponsorship. Hal tersebut disebabkan karena acara seminar dan pelatihan jurnalistik ini diadakan di penghujung tahun 2014 yang mana pada akhir tahun kebanyakan perusahaan sponsor telah melakukan tutup buku. Selain itu, juga terjadi masalah mengenai tempat pelaksanaan yang berubah dikarenakan adanya kesalahpahaman birokrasi antara panitia dengan pihak pengelola gedung FISIP, sehingga acara beralih diselenggarakan di Aula Balai Kesehatan Paru Masyarakat. “Harapannya semoga persiapannya lebih matang lagi untuk acara kedepannya. Sponsorship juga harus dipersiapkan jauh-jauh hari dan pembicara selanjutnya supaya setara dengan pembicara sekarang,” tutur Oriza.

Acara seminar dan pelatihan jurnalistik ini baru kali pertama diadakan oleh LPM Momentum. Rencananya, acara semacam ini akan diagendakan untuk diadakan setiap tahunnya.  LPM Momentum baru-baru ini juga disahkan sebagai biro perwakilan dari Fakultas Teknik Undip yang menjadi lembaga independen terpisah dari BEM Fakultas  dan UKM lainnya. (gt)

Reporter : Saula, Dian

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *