Mahasiswi FEB Raih Gelar di Ajang Duta Wisata Kabupaten Semarang

photo_4[1]

Semarang (1/7) – Sebuah prestasi kembali diraih mahasiswi FEB Undip. Melalui ajang Duta Wisata Kabupaten Semarang, Rizky Ayuningtyas berhasil menjadi juara favorit kategori putri. Duta Wisata Kabupaten Semarang merupakan suatu acara yang diselenggarakan sebagai wadah untuk para generasi muda yang dinamis, kreatif, dan aktif untuk nantinya menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Semarang. Kegiatan ini berlangsung selama 5 hari, mulai dari  12-17 Juli 2016 dan bertempat di Kampoeng Kopi Banaran.

Ketertarikan Rizky terhadap keindahan pariwisata Kabupaten Semarang yang mempunyai tagline “Surganya Jawa Tengah” menjadi motivasi tersendiri bagi Rizky untuk ikut dalam ajang ini. Tidak hanya itu, Mahasiswi jurusan Manajemen ini juga ingin bisa mempromosikan wisata Kabupaten Semarang hingga ke tingkat nasional bahkan sampai tingkat internasional.

Berawal dari mencari tahu informasi melalui sosial media, Rizky akhirnya mendaftar kompetisi Duta Wisata Kabupaten Semarang. Menurutnya ajang ini sangat menarik, menyenangkan, serta membawa pengalaman tersendiri bagi mahasiswi jurusan Manajemen angkatan 2012 ini. Karena merupakan suatu pengalaman yang baru, tidak banyak persiapan yang dilakukan. “Sejujurnya saya belum pernah mengikuti ajang ini sebelumnya hehehe, jadi sangat minim persiapan dari saya sendiri hanya berdasarkan info dari internet dan teman yang pernah mengikuti ajang seperti ini,” ujar Rizky. Keikutsertaan dalam ajang Duta Wisata Kabupaten Semarang mendapatkan dukungan penuh dari pihak kampus dan juga keluarga. Selain itu, dukungan dari teman – teman kampusnya juga menjadi semangat dalam mengikuti kompetisi ini.

Terdapat beberapa aspek yang menjadi kriteria penilaian dalam Duta Wisata Kabupaten Semarang. Diantaranya adalah penampilan, setiap peserta harus memiliki penampilan yang rapi dan sopan. Selanjutnya adalah intelegensia yang merupakan tombak bagi duta untuk mempromosikan Kabupaten Semarang.  Kemampuan untuk berbahasa asing pun menjadi aspek penilaian agar nantinya pariwisata Kabupaten Semarang bisa dikenal hingga tingkat internasional. Selain itu, kepribadian para peserta juga dinilai. “Terakhir adalah kepribadian, tentunya duta wisata harus memiliki kepribadian yang baik karena mereka adalah panutan atau ikon bagi para generasi muda lainnya,” tambah Rizky.

Setelah keberhasilannya menjadi juara favorit putri akan banyak agenda yang dilakukan bersama Iduwikas (Ikatan Duta Wisata Kabupaten Semarang). Kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dalam rangka mempromosikan Kabupaten Semarang . Acara yang diselenggarakan berupa kesenian, acara kebersihan, ataupun menjadi relawan dalam kegiatan sosial yang berhubungan dengan wisata Kabupaten Semarang.

Sebagai penutup, Rizky mempunyai pesan untuk para mahasiswa dengan adanya kompetisi ini. “Saya berharap untuk para mahasiswa jangan pernah takut untuk mencoba, jangan pernah malu untuk memulai hal baru dan harus selalu percaya diri, karena kegiatan duta wisata Kabupaten Semarang ini salah satu kegiatan yang sangat memberikan banyak benefit tidak hanya  untuk diri sendiri benefit pun akan dirasakan di lingkungan kampus, di lingkungan masyarakat bahkan untuk lingkungan kerja nantinya,” tutup Rizky.

 

Reporter : Veronica Febriana

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *