Management Conference 2016 Bahas Ekonomi Kreatif

mancof

Semarang (3/9) – Bertempat di Balai Diklat Provinsi Jawa Tengah, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) FEB Undip menyelenggarakan Management Conference Indonesia (Mancof) yang bertajuk “Youth Role in Developing Creative Economy”.  Acara yang merupakan salah satu dari rangkaian acara The 8th Enfution ini berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 2-4 Agustus 2016. Kegiatan yang diselenggarakan berupa Forum Konferensi Mahasiswa Manajemen dari seluruh Indonesia dengan topik bahasan utama yaitu tentang Ekonomi Kreatif.

Management Conference Indonesia sendiri sudah terselenggara untuk kedua kalinya, dimana pada penyelenggaraan pertama, Mancof juga sukses mendatangkan Ketua Dewan Komisioner OJK, CEO PT. Sidomuncul, dan Ketua Perbanas. Acara ini juga merupakan salah satu dari empat sub-event The 8th Enfution. Output dari kegiatan ini akan dijadikan bahan pertimbangan bagi instansi terkait dalam kaitan pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Dalam kegiatan ini, acara pertama dibuka dengan pemaparan dan pembekalan materi mengenai Ekonomi Kreatif yang dibawakan oleh Litani Satyawati selaku Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah. Selanjutnya dilangsungkan forum konferensi yang diikuti oleh 50 orang delegasi dari berbagai Universitas di Indonesia. Forum dipimpin oleh seorang moderator dan tiga orang panelis. Kelimapuluh delegasi tersebut sebelumnya telah membuat essai yang bertemakan peran pemuda dalam memajukan ekonomi kreatif.

Mereka kemudian dibagi ke dalam beberapa tim yang terdiri dari 4-5 orang dari universitas yang berbeda setiap timnya. Setelah tim terbentuk, mereka diminta untuk menuangkan idenya berdasarkan essai yang telah dibuat secara individual ke dalam bentuk mindmap. Kemudian para tim diberikan kesempatan untuk mempresentasikan gagasannya ke panelis dan para delegasi lainnya yang dilanjutkan dengan sesi tanya-jawab.

Beralih ke acara selanjutnya yakni  Insight Session yang dibawakan oleh Idris selaku akademisi dengan pemaparan materi mengenai Inovasi Bisnis di bidang Ekonomi Kreatif. Setelah itu, M. Yukka Harlanda juga mengisi Insight Session dengan membagikan pengalamannya sebagai CEO Brodo Footwear dalam mengembangkan bisnisnya yang juga termasuk ke dalam bisnis ekonomi kreatif. Para delegasi Mancof juga diberi kesempatan untuk mengikuti Field Trip ke beberapa objek wisata yang ada di Semarang.

Reporter : Akhmad Sadewa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *