Management Conference, Persiapan HMJM Menghadapi MEA 2015

FEB Undip (26/9) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) FEB Undip mengadakan acara Seminar Nasional dan Workshop Management Conference 2015 di Hall Pertamina Dekanat FEB Undip. Bertemakan Find Your Relation, Build Your Success, acara ini bertujuan untuk menyadarkan masyarakat Indonesia agar siap bersaing di MEA.

Acara yang dibuka oleh Amie Kusumawardhani selaku Pembantu Dekan IV FEB Undip ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 08.30 WIB hingga 11.00 WIB dengan diisi oleh dua pembicara yaitu Santoso Wibowo selaku ketua OJK kantor Regional 4 Jateng dan DIY, dan Irwan Hidayat selaku CEO Sido Muncul. Dilanjutkan dengan sesi ke dua pada pukul 13.00 WIB yang diisi oleh Wiwiek Sisto Hidayat selaku Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan dan Kepatuhan Laporan Bank Indonesia dan Sigit Pramono selaku ketua Asosiasi Bankir ASEAN.

“Acara ini penting banget. Karena banyak dari kita engga sadar adanya MEA 2015. Masih banyak yang harus digali, yang harus dipersiapkan dari sekarang. Kita jangan menganggap indonesia bakalan jatuh terpuruk, karena kita masih ada kesempatan untuk bangkit,” ungkap Andre Kurniawan selaku ketua panitia Mancof 2015. Hal senada disampaikan oleh Santoso, “Indonesia akan mengalami bonus demografi. Industri Perbankan Indonesia menunjukkan kondisi yang cukup baik terhadap kawasan ASEAN. Namun secara modal market capital and asset, hanya beberapa bank domestik yang dapat bersaing di ASEAN. Kita harus optimis walau ekonomi kita terpuruk, Indonesia masih berkembang,” jelasnya. Ia juga berpesan kepada peserta untuk meningkatkan prestasi dan TOEFL hingga mencapai skor 550.

Dikemukakan oleh Andre, kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Semnas dan Workshop Mancof 2015 ini berada pada HMJ seluruh Indonesia itu sendiri, seperti dalam hal waktu dan perjalanan yang memakan biaya. Walaupun demikian, Jamaludin selaku mahasiswa Manajemen 2015 mengaku puas mengikuti acara tersebut. “Dengan adanya acara ini, saya bisa mengetahui permasalahan perekonomian yang aktual, dan menambah pengetahuan,” ungkapnya. Andre berharap agar acara seperti ini bisa dijalankan tidak hanya dari manajemen saja, tetapi meluas dalam bidang ekonomi dan sebagainya.

Reporter : Ida, Sadewa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *