Marketing Race Manev 2015 Latih Skill Penjualan

FEB Undip (19/5) – Manev 2015 kembali dilanjutkan dengan diadakannya Marketing Race yang bertujuan untuk melatih seluruh mahasiswa khususnya jurusan Manajemen FEB Undip dalam hal marketing atau penjualan produk. Kompetisi ini memerlukan kerjasama antaranggota kelompok untuk menjual suatu produk kepada para pembeli.

Marketing Race yang semula direncanakan akan dimulai pada pukul 09.00 WIB, terpaksa diundur hingga pukul 10.00 WIB dikarenakan banyaknya peserta yang datang terlambat. Pemenang kompetisi ini adalah tim dengan penjualan dan keuntungan terbanyak atas produk yang dipasarkan.

Setelah koordinasi mengenai peraturan Marketing Race oleh Risma selaku penanggung jawab, peserta dibagi kedalam beberapa kelompok yang masing-masing terdiri dari lima orang. Setiap kelompok diminta untuk melakukan penjualan produk yang telah disediakan oleh panitia dengan strategi marketing masing-masing. Kemudian, kelompok dengan penjualan dan keuntungan terbanyak pada setiap fakultas akan menjadi pemenangnya.  “Mekanisme kegiatan Marketing Race ini adalah setiap peserta diberikan produk yang disediakan oleh panitia, kemudian panitia telah menentukan HPP mengenai barang tersebut. Kemudian setiap peserta bebas menentukan HPP yang mereka anggap pantas untuk barang tersebut menggunakan strategi marketing mereka masing-masing,” ujar Risma. Sistem dari kegiatan ini adalah running faculty, yaitu melakukan kegiatan penjualan (marketing) yang dilakukan di beberapa fakultas. Fakultas tersebut diantaranya adalah Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Psikologi, Dekanat Fakultas Teknik, Fakultas Perencanaan Wilayah Kota (PWK), Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP), dan Fakultas Hukum.

Kegiatan Marketing Race yang dilakukan di beberapa fakultas tidak memerlukan perizinan karena menurut Risma konsepnya seperti dana usaha (danus), tidak membuka stand atau sejenisnya, sehingga tidak mengganggu kegitan perkuliahan yang dilakukan di beberapa fakultas tersebut. (gt)

Reporter: Mulana Eka Putra

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *