Membangun Ekonomi Maritim Indonesia Bersama Menteri Kelautan Dan Perikanan RI (2001-2004)

FEB Undip (5/6) – Masih dalam suasana perayaan Dies Natalis ke-55, FEB Undip mengadakan diskusi Perumusan Pemikiran Undip, “Membangun Ekonomi Maritim Indonesia” dan Presentasi Tim Undip dari FEB, FH, FISIP, FIB, FK, FT, FPIK, FSM, FPP, FKM dan Fakultas Psikologi. Diskusi yang dibagi menjadi dua sesi ini diadakan pada Jumat (5/6) bertempat di Ruang Sidang Utama Gedung Dekanat lantai 3 FEB Undip pada pukul 10.00 WIB.

Dibuka oleh Suharnomo selaku Dekan FEB Undip, acara dihadiri oleh sekitar 120 peserta dari civitas akademika, mahasiswa S1, magister, mahasiswa S3 dan peserta dari luar lainnya. Pemaparan paper pada sesi pertama dipandu oleh Firmansyah (FEB) selaku moderator. Pembicara dalam diskusi ini yaitu Rokhman Dahuri yang merupakan Guru Besar FPIK Institut Pertanian Bogor sekaligus Menteri Kelautan dan Perikanan RI periode 2001-2004. Sementara moderator pada diskusi ini yaitu Suharnomo selaku Dekan FEB Undip.

Rokhim Dahuri memaparkan materi tentang Marine Based yang terdiri dari tiga belas kategori yakni wilayah Indonesia yang meliputi 75 persen laut dan 25 persen daratan, pertambahan dan peningkatan daya beli, posisi ekonomi Indonesia yang strategis, usaha atau bisnis di sektor ekonomi kelautan yang menguntungkan serta penyerapan tenaga kerja, transportasi laut, dan lain sebagainya. Dalam Bab II Dahuri memaparkan tentang ekonomi maritim yang meliputi transportasi, pembuatan kapal, pembangunan pelabuhan dan pengoprasiannya, serta hubungan industri dan jasa. Pembicara dalam acara ini merupakan ketua umum Masyarakat Akuakultur Indonesia dan Duta Besar Kehormatan Provinsi Jeju Island, Korea Selatan.

Peserta terlihat antusias dalam mengikuti jalannya diskusi ini. Di akhir pemaparan materi oleh Dahuri, dibuka sesi pertanyaan yang semuanya diajukan oleh dekan dan dosen. Setelahnya, dilanjutkan dengan penerimaan plakat oleh pembicara dan moderator pada pukul 11.40 WIB. Setelah Ishoma, peserta diskusi memasuki ruangan untuk acara selanjutnya yaitu Presentasi dari Tim Undip FEB, FH, FISIP, FIB, FK, FT, FPIK, FSM, FPP, FKM dan Fakultas Psikologi.

Pada sesi Presentasi dari Tim Undip yang dimoderatori oleh Dewi (FPsi), acara dimulai pukul 13.00 WIB dengan pemaparan oleh empat dosen secara bergilir. Materi pertama dipaparkan oleh Dosen Fakultas Ilmu Budaya. Pemaparan kedua oleh dosen Sejarah FIB yang memaparkan beberapa kunci penting untuk membangun integrated maritime state dan paradigma Negara bahari. Pemaparan ketiga oleh Dewi Yuliati, PD I FIB Undip. Dewi membahas fokus kajian mengenai pentingnya gerakan cinta pada kebudayaan maritim Indonesia untuk memperkuat karakter bangsa dan ekonomi kreatif meliputi kebudayaan maritim, karakter bangsa, dan ekonomi kreatif. Acara berakhir pada pukul 16.50 WIB. (gt)

Reporter: Dicha, Anis

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *