Membangun Iman melalui Peringatan Isra’ Mi’raj 1435 H

FEB Undip (28/5) – Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj 1435 H yang jatuh pada hari Selasa (27/5), MIZAN FEB Undip menggelar kajian “Kampung Hati Spesial Isra’ Mi’raj”. Bertempat di masjid At- Taqwa FEB Undip, acara ini menghadirkan Ustadz Gufron sebagai pemberi tausiyah.

Syahidan selaku ketua panitia mengatakan bahwa Isra’ Mi’raj merupakan sebuah perjalanan yang membawa perintah solat bagi umat Islam. “Sekarang banyak orang yang lalai dan jarang salat, tidak tepat waktu dan malah bolong, malah kadang cuma hari Jumat atau Idul Fitri, ada kan yang kayak gitu, jadi ini memberikan pengingatan bahwa berita itu penting,” ungkap Syahidan. Selain itu, acara ini diadakan agar mahasiswa dapat memperoleh ilmu tentang Islam sekaligus sebagai sarana perkenalan MIZAN di lingkungan FEB.

Acara diawali dengan tilawah Al-Quran oleh Mathin Al Hafizh dan sambutan oleh Sudarno selaku pembina MIZAN. Ustadz Gufron dalam materi tausiyahnya menjelaskan mengenai arti serta makna dari peristiwa Isra’ Mi’raj yang dialami oleh Muhammad SAW, mulai dari perjalanan malam dari masjid haram ke masjidil aqsha (Isra’) lalu dilanjutkan perjalanan dari Masjidil Aqsha ke langit ke-7 (Mi’raj).

Gufron juga memaparkan mengenai lima hakikat dari taqwa antara lain orang yang mempunyai rasa takut kepada Allah SWT, orang yang mengamalkan perintah Allah yang termuat dalam Al-Quran, orang yang mensyukuri nikmat Allah, orang yang ridho dan ikhlas terhadap sesuatu yang tidak menyenangkan, dan yang terakhir adalah orang yang cerdas dalam dunia dan akhirat.

Bintang Andini, mahasiswi Akuntansi 2012 yang hadir dalam tausiyah memberikan respon positif terhadap acara ini.  “Manfaatnya lebih tahu mengenai  Isra’ Mi’raj, dapat pengalaman, ketemu orang yang bener-bener  bisa ngasih tahu tentang agama itu gimana, kan kita banyak yang engga tau ibadah yang baik itu gimana, nah kita diajarin juga disini,” ujarnya.

Syahidan berharap dengan adanya acara ini, peserta khususnya mahasiswa FEB Undip dapat menguatkan iman dan mengingat kembali perintah- perintah Allah SWT. Acara berakhir pada pukul 13.35 WIB dan ditutup oleh doa bersama yang dipimpin oleh Ustadz Gufron. (nq)

Reporter: Galuh Dian Paramudita,  Muslimah Mahmudah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *