Peringati Hari Sumpah Pemuda, BUMN Hadir di Kampus Undip

Undip (28/10) – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kementerian BUMN menyelenggarakan kegiatan “BUMN Hadir di Kampus”. Bertempat di Lapangan Widya Puraya Undip, kuliah umum ini dihadiri oleh kurang lebih 1000 mahasiswa. Tema yang diangkat yaitu “Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan”.

Kegiatan ini kali pertama diselenggarakan oleh Kementerian BUMN. Tidak hanya di Universita Diponegoro, kegiatan ini juga diadakan di 27 perguruan tinggi lain di Indonesia. Kuliah umum kali ini mendatangkan tiga pembicara yaitu Suprajarto selaku Direktur Utama Bank BRI, Danang Baskoro selaku Direktur Utama Angkasa Pura I, dan Indah Susilowati selaku Guru Besar Universitas Diponegoro. Rektor Universitas Diponegoro, Yos Johan Utama, juga turut menghadiri acara ini.

Sebelum masuk pada acara inti, acara kuliah umum didahului oleh pemberian dana secara simbolis sebesar 197 juta dari Bank BRI untuk FSM. Bank BRI juga memberikan dana pendidikan sebesar masing-masing 5 juta rupiah kepada 30 mahasiswa berprestasi di Undip. Selain Bank BRI, Angkasa Pura I juga melakukan pemberian CSR ke Universitas Diponegoro untuk sarana penunjang pendidikan dan olahraga sebesar 250 juta rupiah. Angkasa Pura I juga memberikan seertifikat atas penyelanggaran kuliah umum. Buku Jurus Bisnis Rakyat dan buku 6000 Tahun Sang Merah Putih juga diberikan oleh Angkasa Pura I kepada Universitas Diponegoro.

Materi pertama dipaparkan oleh Suprajarto. Mengawali materi yang akan disampaikan, Ia mengajak peserta untuk melihat overview perekonomian global dan dampaknya terhadap Indonesia. Ia juga mengenalkan visi dan misi serta kontribusi BUMN dalam ekonomi nasional. Menurutnya, BUMN terus mendukung program pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur.

Sementara itu pembicara kedua, Danang Baskoro mengenalkan Angkasa Pura I dan perannya dalam ekonomi nasional. Setelahnya, Ia memaparkan mengenai peran BUMN sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai. Adapun kontribusi BUMN untuk negara ialah pembangunan ekonomi daerah, mendorong konektivitas dan daya saing, menerangi Bumi Nusantara melalui pembangunan listrik hingga ke pelosok desa, mendorong kesetaraan akses informasi melalui digitalisasi, dan juga membangun dan memberdayakan masyarakat desa.

Seperti dilansir pada laman antaranews, melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, menyebutkan “BUMN Hadir di Kampus” merupakan upaya untuk mengenalkan lebih dekat kiprah BUMN dan kontribusinya terhadap perekonomian nasional. Banyak harapan yang tertuang dalam kuliah umum tersebut. Rizky, salah satu peserta, mengungkapkan bahwa kuliah umum ini sangat bermanfaat dan dapat memotivasi diri sendiri. “Kedepannya saya ingin berkiprah dalam BUMN, terutama di Angkasa Pura, dan dapat berkontribusi untuk Indonesia,” ujarnya.

Reporter : Julian Karinena

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *