Mencari Passion Bersama Explosion

Undip (13/9) – Tak seperti Minggu pada umumnya, pagi tadi ratusan mahasiswa memadati area Gedung Prof. Soedharto. Pasalnya, Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi kembali mengadakan Explosion (Explore Your Passion) yang kali ini mengangkat tema “Aku untuk Indonesia”. Acara yang telah memasuki tahun kedua ini dibuka dengan sambutan dari ketua panitia, Roy Hansend, diikuti pembukaan secara resmi oleh Pembantu Rektor III, Warsito.

Explosion dimulai pada pukul 09.00 dengan presentasi dari founder Yayasan Pemimpin Anak Bangsa, Andri Rizki Putra. Kiki, begitu ia akrab dipanggil, menceritakan mengapa ia tidak menyelesaikan pendidikan formalnya di SMA dan bagaimana ia bisa sukses hingga sekarang. Kiki pun berbagi cerita seputar bagaimana ia bisa masuk Fakultas Hukum Universitas Indonesia serta menjadi lulusan terbaik dan tercepat diangkatannya. “Be sincere, ikhlas, itu adalah kuncinya,” tutur Kiki.

Acara dilanjutkan dengan materi dari entrepreneur sekaligus motivator muda, Edvan M. Kautsar yang memulai pemaparannya dengan selingan “baris-berbaris” untuk mencairkan suasana. Ia menuturkan bahwa Indonesia sangat membutuhkan pengusaha-pengusaha baru karena menurutnya jumlah entrepreneur yang ada masih kurang untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju. Ia pun bercerita bagaimana menemukan passionnya hingga sekarang mampu menjadi motivator muda yang sukses dan telah mengisi banyak kuliah umum baik di dalam maupun di luar negeri, “Saya tuh orangnya suka ngomong,” paparnya. Edvan yang sudah menjadi motivator sejak usia muda pun menceritakan bahwa pada awalnya ia bercita-cita menjadi dokter, namun ia diterima di Fakultas Komunikasi bukan Kedokteran. “Saya keterima di FK, tapi Fakultas Komunikasi bukan Fakultas Kedokteran,” candanya.

Menjelang Istirahat, para peserta dihibur oleh penampilan dari UPK Tari FEB Undip. Acara dilanjutkan kembali dengan pengumuman pemenang challenge Instagram dan Twitter dari panitia. Memasuki puncak acara, Explosion menghadirkan Andy F. Noya yang lebih dikenal sebagai presenter Kick Andy di atas panggung. Andy bercerita bagaimana pentingnya seseorang untuk menemukan passion atau yang ia sebut sebagai “lentera jiwa”. Ia mengatakan, banyak orang mencoba mencari passionnya, tetapi tidak sesuai dengan apa yang mereka jalani sekarang. Andy pun memberikan contoh-contoh motivasi, seperti Ernes, anak designer ternama, Anne Avantie, yang lebih memilih jalan sebagai koki, atau Wahyu Adit yang berlatar belakang keluarga dokter namun ia lebih memilih menjadi animator. Ia juga menuturkan kisahnya, mulai dari keluarga, bagaimana ia pernah tinggal di Papua, bagaimana ia menggeluti bidang jurnalistik seperti sekarang yang tidak dapat diraih dengan mudah.

“Acaranya seru, menarik, mungkin sebagai mahasiswa kan ingin tau passionnya kan, kemasannya menarik, mendatangkan pembicara-pembicara ada Bang Andy, Mas Evan, jadi oke, keren sih,” tutur Andri Rizky saat ditemui dibelakang panggung. “Saya selalu semangat, semangat bertemu anak-anak muda, apalagi kalo topiknya mengenai lentera jiwa,” tutur Andy F Noya saat ditanya mengapa tertarik mengisi acara di kampus. Ketua panitia, Roy Hansend, pun terlihat sangat puas untuk acara hari ini yang menurutnya tidak ada kesulitan yang berarti, ia juga tidak menyangka antusiasme para penonton hari ini. Ia pun berharap acara serupa akan diadakan tahun depan dengan lebih baik lagi.

Reporter : Adhevyo Reza

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *