Mengkritisi Kesiapan Indonesia Menghadapi Penerapan Industri 4.0

FEB Undip (22/05) – HMD IESP Undip menyelenggarakan diskusi untuk kedua kalinya bagi mahasiswa FEB Undip di selasar PKM. Mengangkat tema “Industri 4.0”, diskusi ini sebagai wadah mahasiswa FEB Undip untuk menumbuhkan rasa peka sekaligus berkontribusi dengan ide-ide yang disalurkan terutama isu-isu ekonomi yang ada. Diskusi dimulai pukul 15:30 WIB dan dimoderatori oleh Ulfatun Niswah.

Pemaparan materi disampaikan oleh Muhammad Farhan. Farhan menjelaskan bahwa di negara-negara maju seperti Jerman, Swiss, dan Belanda sudah menjalankan industri 4.0. Menurut Farhan, cara Indonesia mengatasi dampak otomatisasi tersebut dengan cara menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia untuk belajar di sekolah vokasi yang berkaitan dengan teknologi itu sendiri. Hasmi, salah satu peserta diskusi berpendapat bahwa industri 4.0 tidak hanya beralih ke teknologi online tetapi bagaimana tenaga kerja manusia digantikan oleh mesin.

Menurut Ulfatun,  alasan pengambilan tema Industri 4.0 karena ini salah satu tema yang akan dibawa ke Economi Summit, yaitu acara yang akan diselenggarakan di Universitas Erlangga.  “Ketika kita akan berdiskusi disana kita kan harus berdiskusi disini dulu. Ketika kita sudah punya bahan ini kita bisa menyampaikan argumentasi disana,” kata  Ulfa.

Ulfatun berharap agar mahasiswa lebih benar-benar peduli dengan negaranya. “Dan saya harap setelah acara ini mahasiswa benar-benar berpikir kritis terhadap permasalahan di Indonesia,” ujarnya.

Ilham Ramadan, salah satu peserta, mengatakan bahwa acara diskusi terselenggara dengan baik. “Untuk jalan acaranya sendiri sudah sangat baik menurut saya, dari peserta juga sudah ada kontribusi yang baik. Sedangkan dari segi permasalahan sudah cukup terpenuhi mulai dari yg kerucut sampai yang melebar sudah dibahas semuanya,” tutup Ilham.

 

Reporter: Nisrina, Rafi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *