Menjadi Wirausaha Muda Lewat Program Mahasiswa Wirausaha

Undip (29/3) – Program Mahasiswa Wirausaha (PMW)  adalah program pengembangan dan pembinaan kemahasiswaan dalam bidang entrepreneuships, guna meningkatkan perilaku inovatif dan kreatif dalam penyusunan usaha. Guna memperkenalkan PMW kepada mahasiswa, bidang  Kewirausahaan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Undip menggelar Sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha 2016 di Gedung Prof. Soedarto.

Sosialisasi kali ini menghadirkan tiga pembicara yakni Nuri dari Kesejahteraan Mahasiswa (Kesma) Undip, Meidiana Dwidiyanti selaku Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Research and Business Undip, dan Achmad M. Akung sebagai panitia PMW 2016.

Nuri menuturkan PMW diselenggarakan untuk mengimplementasikan mata kuliah kewirausahaan yang telah diajarkan. PMW yang akan didanai adalah yang memiliki keberlanjutan usaha. Sementara Akung menjelaskan bahwa ada peraturan baru dalam PMW 2016. “Nantinya dana yang diperoleh akan dikembalikan sebesar 50% dari keseluruhan dana usaha yang diberikan,” ujar dosen Fakultas Psikologi Undip ini. Hal ini diterapkan guna menghindari kecurangan mahasiswa yang biasanya menggunakan dana PMW untuk membeli kebutuhan yang tidak berhubungan dengan aktivitas usaha yang dijalankan.

Pencairan dana PMW akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama pencairan dana sebesar 70% setelah peserta lolos PMW. Pesertta harus menjalani magang selama 2 bulan di perusahaan yang sesuai bisnis yang diajukan. Tahap kedua saat pengumpulan laporan penggunaan dana pada akhir bulan Desember. “Sistem baru PMW 2016 akan semakin diperketat dalam penilaian kelayakan usahanya, keberlanjutannya, untuk persyaratannya peserta PMW boleh dari Semester 2 yang sudah menempuh  36 SKS.” ujar Akung.

Meidiana turut memberikan motivasi mahasiswa untuk menjadikan PMW sebagai langkah awal berwirausaha, melatih softskill, hingga terjun ke dunia usaha secara langsung. “Mahasiswa setelah lulus jangan hanya berpikir untuk bekerja menjadi PNS, kerja di Bank, orang yang akan bekerja untuk perusahaan,” tukas Meidiana

Ermawati Sundari  menjadi pembicara tamu yang memberikan tips dan trik lolos PMW. “Inovasi yang diterima pasar, analisis keuangan bisa di percaya, yakin sasaran tepat, komposisi angkatan dan jurusan. Sebelum membuat proposal bangun komitmen,” papar Erma. Erma bersama timnya mendapatkan dana sebesar 17 juta dari PMW tahun 2014 silam. Usaha yang dirintis bernama Kinodims yang sudah berjalan 3 tahun. Erma mengolah jamur menjadi produk dimsum yang bernilai gizi tinggi. Bisnis yang dijalankan memiliki nilai tambah dengan mengangkat keunggulan sosiopreneur. Erma memberdayakan masyarakat di sekitar tempat tinggalnya yang telah di PHK oleh pabrik rokok dan tekstil.

Reporter : Anis Inayah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *