Merdekalah Tanah Airku!


Sumber: sudirmansetiono.blogspot.com

Telah 68 tahun lamanya Indonesia merdeka, terutama merdeka dari penjajah. Tepat pada tanggal 17 Agustus 1945 yang lalu kemerdekaan Indonesia di proklamasikan oleh SoekarnoHatta dengan semangat dan pengorbanan rakyatIndonesia. Penjajah yang selama ratusan tahun “berkunjung” pun akhirnya pergi dari tanah air ini.
Memaknai kemerdekaan Indonesia setelah 68 tahun antara kenyataan atau hanya sekedar mimpi, sudahkah kita merdeka sesuai dengan citacita para pahlawan? Apa yang sudah kita berikan untuk Indonesia saat ini? Pertanyaan ini mungkin tidak bisa dijawab dengan jawaban yang sekedarnya. Semangat untuk memberikan yang terbaik bagi negara ini tidaklah sama dengan 68 tahun silam. Namun, kita bisa mencontoh semangat para pahlawan yang berani dan rela berkorban. 
Memaknai kemerdekaan, hendaknya kita berpikir apakah negara ini sudahlah benarbenar merdeka? Sudahkah semua rakyat Indonesia telah merdeka? Dan apalah arti merdeka itu sendiri? 68 tahun silam Indonesia merdeka dari para penjajah secara de factodengan di tandai pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno. Meraih kemerdekaan yang begitu panjang membuktikan bahwa segala sesuatu dapat diraih bila dilakukan dengan semangat juangyang tinggi. Merdekakah kita? Ya, kita memang telah merdeka, namun lihatlah di sekitar kita dan tanyalah pada diri sendiri. 
Apakah kita telah merdeka yang sebenarbenarnya? Mulailah melihat halhal yang dekat dengan kita, mungkin banyak rakyat yang masih terluntalunta untuk mendapatkan sepiring nasi, anka-anak berjuang untuk sekolah dan lain sebagainya. Mungkin saat ini kita tak bisa mengubahnya dalam waktu singkat, namun kita dapat melakukan berbagai hal yang positif untuk mengentaskan masalah yang ada sedikit demi sedikit hingga kita memperoleh makna merdeka yang sebenarnya. 
Mungkin tak semua orang berpikir untuk memperjuangkan kemerdekaan namun apa salahnya jika kita memulainya. Karena lebih baik memulai hal baik daripada mengkritik yang tak menghasilkan apaapa. Merdeka bisa kita raih dengan semangat yang tinggi seperti yang dicontohkan para pahlawan terdulu. Melakukan hal demikian bukan untuk siapasiapa melainkan untuk diri kita dan negara tercinta ini. 
Pahlawan yang dulu bertempur sampai tumpah darah di tanah air, saat ini tidaklah seperti itu. Menjadi seorang pahlawan untuk Indonesia tidaklah harus menjadi kaya raya atau mungkin memiliki kecerdasan yang brilian.Seorang yang kaya tidaklah berarti jikalau dia tidak mempersembahkan untuk negaranya. Seorang yang pitar tidaklah berarti jikalau dia tidak berpikir untuk negaranya. Singkatnya, jika kita menginginkan kemerdekaan yang sesunggguhnya di negara ini, lakukan dengan semangat yang tinggi untuk bumi pertiwi. Seperti kutipan lagu Indonesia raya “bangunlah jiwanya bangunlah badannya… untuk Indonesia raya…”. 
Dirgahayu Indonesia, semoga kita dapat meraih kemerdekaan yang sesungguhnya.Bukan hanya kemerdekan dengan bendera merah putih yang berkibar.
Amirani H. Putri
Magang 2012
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *