Mizan FEB Undip : Berbagi Manfaat Melalui Donor Darah

Jpeg

FEB Undip (25/11) – Bekerjasama dengan Korps Sukarela (KSR) dan Palang Merah Indonesia (PMI), Peduli Dhuafa Mizan Fakultas Ekonomika Bisnis kembali adakan Donor Darah Bersama di Selasar Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FEB Undip. Acara ini merupakan kegiatan rutin tahunan Mizan FEB Undip yang bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dalam mendonorkan darahnya.

Menurut Ira selaku ketua panitia, selain membantu orang-orang yang memerlukan, donor darah juga merupakan kegiatan yang menyehatkan. “Jadi acara ini tujuannya supaya anak-anak bisa donor darah, selain itu kan donor darah bisa buat kesehatan juga. Setiap tiga bulan sekali kalau darahnya didonorkan badan juga jadi sehat,” tuturnya. Senada dengan Ira, Andika selaku salah satu pendonor juga mengatakan bahwa donor darah dapat memberikan banyak manfaat, khususnya di bidang kesehatan. “Donor darah tuh banyak manfaatnya, saya sudah tiga kali secara rutin melakukan donor darah dan saya merasa tubuh makin segar dan ringan,” terang mahasiswa Teknik Informatika Undip ini.

Seluruh sivitas akademika Undip khususnya masyarakat FEB dijadikan sebagai objek kegiatan donor darah. Namun, panitia hanya menargetkan tiga puluh kantung darah dalam donor kali ini. Selain itu pendonor juga harus memenuhi beberapa syarat untuk melakukan donor darah, seperti berusia 17 hingga 69 tahun, memiliki berat badan minimal 45kg, tekanan darah sistole 100-170 dan diastole 70-100, serta kadar hemoglobin (Hb) 12,5g% – 17,0g%. Diakui oleh Ira, hal ini lantas menjadi kendala pelaksanaan donor darah mengingat banyaknya peserta yang tidak memenuhi syarat tersebut.

Selain dari peserta, Ira juga menemui kendala lainnya yang berasal dari pihak panitia. Panitia PMI yang datang terlambat mengakibatkan antrian pendonor sejak acara dimulai. “Selain itu ada juga sih kendala yang lain, dari panitianya yang tadi nggak datang on time. Jadi tadi pesertanya sudah datang tapi panitia dari PMInya belum datang, jadi ada beberapa peserta yang nunggu,” ungkapnya. Ira berharap kedepannya partisipasi dari warga FEB Undip dalam Donor Darah Bersama dapat mengalami peningkatan, serta para pendonor memperoleh manfaat dari kegiatan ini. “Harapannya sih ya semoga semakin banyak yang donor, dan yang udah mendonorkan diberi kesehatan dan manfaat,” tutup Ira. (nw)

Reporter : Fana, Yuhana

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *