Monitoring dan Evaluasi PHBD 2013

Monitoring dan Evaluasi PHBD 2013 (doc. Edents)
FEB Undip (2/12) – Bertempat di ruang serbaguna Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) lantai 2 Fakutas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Undip pada Senin (2/12) diselenggarakan Monitoring dan Evaluasi Program Hibah Bina Desa Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Monev PHBD Dirjen Dikti). Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 09.30 – 16.45 WIB dengan menghadirkan Alam, salah seorang tim monev dari Dirjen Dikti, serta Yan Bahtiar dan Mihtarti sebagai juri.
Acara ini diikuti tujuh tim mahasiwa dari berbagai universitas di Semarang, yakni Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS) FKM Undip, Mahasiswa Pecinta Alam (MEPALA) Universitas Muria Kudus, Forum Komunikasi Islam Universitas AKI Semarang, UKM Gerakan Mahasiswa Anti Narkoba (GERHANA) Universitas Negeri Semarang, BEM STIE NU, Forum Mahasiswa Islam (FORMI) Universitas Muria Kudus, serta LPM Edents FEB Undip.

“Tujuan dilaksanakannya monev antara lain untuk mendapatkan informasi mengenai perkembangan Program Hibah Desa serta memberi masukan, saran, dan rekomendasi mengenai program tersebut,” ujar Eko Suryanto, ketua panitia.

Acara tersebut dibuka secara simbolis oleh Pembantu Dekan III FEB Undip, Edy Yusuf Agung Gunanto. Setelah itu dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing tim mengenai hasil yang telah dicapai dan perkembangannya. Tak lupa sesi tanya jawab oleh para juri.

“Program hibah bina desa merupakan program Dirjen Dikti dengan memberikan dana kepada universitas yang mengirimkan proposal dan proposalnya diterima,” ujar Alam. Ia menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “Program hibah bina desa dapat membantu mahasiswa untuk mencapai Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu pengabdian masyarakat, jadi mahasiwa tidak hanya mempelajari teori saja tetapi juga praktik,” tambahnya.

Acara monev ditutup dengan sesi foto bersama. Keindahan hidup bukan seberapa besar kita memberi manfaat bagi diri kita, tetapi seberapa besar kita memberi manfaat bagi orang lain, kata Yan Bahtiar salah satu juri monev ketika menutup acara. Usai monev, tim Dirjen Dikti akan melakukan visitasi ke tempat program hibah bina desa oleh FKM Undip dan Forum Komunikasi Islam Universitas AKI Semarang. (nq)

Reporter: Ridho, Rini
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *