MoreCling Juarai BINNOVA FBE Ubaya

MoreCling Juarai BINNOVA
MoreCling Juarai BINNOVA

FEB Undip – Persaingan yang semakin ketat menuntut terciptanya inovasi baru dalam berwirausaha guna meningkatkan daya saing. Hal inilah yang mendorong Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) menyelenggarakan The Third BINNOVA (National Business Innovation Competition). Kompetisi  inovasi dan peremajaan bisnis ini mengusung tema “Mengubah Bisnis yang telah Usang, Stagnan, dan Sulit Berkembang menjadi Bisnis yang Lebih Segar, Kreatif, dan Inovatif”.

Dalam lomba tersebut, tim Universitas Diponegoro berhasil menjadi juara satu. MoreCling yang digawangi oleh Billy Agista, Donni Renaldy S, dan Sopyan Mufa (Manajemen FEB  2010) serta Devid Adi Surya (Ilmu Hukum 2008).

MoreCling merupakan usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan kebersihan kamar kos dan kontrakan. “Waktu itu saya kan aktivis, jarang ditempat. Kamar berantakan terus kayak enggak nyaman, enggak betah, dan mau bersihin nggak ada waktu,” ujar Donni Renaldy, saat ditemui pada acara syukuran dengan skuad MoreCling di Kedai Beringin. Hal inilah yang menjadi inspirasi bagi Donni untuk membuat usaha MoreCling.

Selain berhasil menjadi pemenang dalam kompetisi BINNOVA, MoreCling yang berdiri sejak September 2013 sudah meraih beberapa penghargaan seperti juara dua Diponegoro Entrepreneur Challenge dan sepuluh  besar Senyum Wirausaha Undip. Usaha yang mempunyai tagline You call, We clean, That simple” ini, dalam waktu dekat akan merambah ke daerah Jakarta, Lampung, Bandung, Surabaya, dan Banjarmasin. Permintaan yang datang dari banyak daerah dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, membuktikan bahwa usaha seperti MoreCling masih jarang di Indonesia.

Donni mengatakan bahwa menemukan ide–ide kreatif sebenarnya mudah yakni dengan cara menemukan sesuatu yang sederhana, namun realistis dan sulit ditiru. “Sebenernya inovasi itu yang penting walaupun agak nyeleneh tetap dicatet. Kalau bisa ide itu gak usah terlalu muluk–muluk lah,”  ungkapnya. (nq)

Reporter: Akbar Sih Pambudi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *