Muliaman D. Hadad Resmi Menjadi Guru Besar FEB Undip

Undip (13/1) – Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) periode 2012-2017, Muliaman Darmansyah Hadad, resmi dikukuhkan sebagai Guru Besar Tidak Tetap Fakultas Ekonomika dan Bisnis Undip. Pengukuhan yang berlangsung di Gedung Prof. Soedarto tersebut dihadiri oleh Muhammad Nasir (Menristekdikti), Yos Johan Utama (Rektor Undip), Sunarso (Ketua Senat Akademik Undip), perwakilan dari setiap fakultas, dan sejumlah pimpinan BUMN serta pengusaha.

Acara pengukuhan diawali dengan penyampaian Safety Induction oleh mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip. Dilanjutkan dengan pertunjukan Paduan Suara Undip dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Lalu pembukaan dan sambutan oleh Sunarso.

Muliaman membacakan pidato ilmiahnya yang berjudul “Stabilitas Versus Pertumbuhan: Peranan Sektor Jasa Keuangan dalam Perekonomian dan Tantangannya di Masa Depan”. Pria yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia ini mengungkapkan bahwa sektor jasa keuangan berperan sebagai katalisator pertumbuhan ekonomi di tengah kehidupan masyarakat. “Sektor jasa keuangan merupakan katalisator petumbuhan, menyediakan dana bagi masyarakat dan pelaku usaha untuk berbagai kegiatan ekonomi, serta menjadi tempat masyarakat untuk menabung dan menginvestasikan simpanannya, melindungi diri dari risiko di masa depan, dan mempersiapkan di hari tua,”  jelasnya.

Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia tersebut menjadi guru besar di bidang Ilmu Manajemen Keuangan, dan atas pengukuhannya kini Undip memiliki total 119 guru besar, dengan rincian 113 guru besar tetap dan 6 guru besar tidak tetap.

Reporter:  Anika Fathur, Putri Dewi Lestari

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *