Muswa Hari ke Dua : Mufakat Timeline Ormawa

IMG-20160119-WA0000FEB Undip (19/1) – Musyawarah mahasiswa (Muswa) FEB Undip kembali dilanjutkan hari ini pada pukul 08.55 WIB. Agenda Muswa hari kedua yaitu pemaparan dan penyusunan jadwal program kerja masing-masing organisasi mahasiswa (ormawa). Muswa diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Senat Mahasiswa (SK Sema) oleh Galuh Novinda selaku Ketua Sema di Gedung PKM FEB lantai 2. SK tersebut berisi pengelompokkan ormawa ke dalam empat komisi, yaitu Komisi 1 yang terdiri dari bidang Akademik, Penalaran, dan Himpunan, Komisi 2 berisi bidang Minat, Bakat, Kerohanian, dan Ekobis, Komisi 3 merupakan bidang Jurnalistik/Lembaga Pers, serta Pengabdian Masyarakat pada Komisi 4.

Selanjutnya para perwakilan ormawa diarahkan untuk menuju ruangan sesuai dengan komisi masing-masing. Setiap ormawa diberi waktu 15 menit untuk memaparkan program kerjanya selama satu periode kepengurusan. Setelah pemaparan, dilakukan pengaturan jadwal pelaksanaan program kerja masing-masing ormawa. Pada sesi ini, dilakukan pula konsolidasi program kerja ormawa yang memiliki waktu ataupun tempat pelaksanaan secara bersamaan. Pemaparan dan konsolidasi program kerja tersebut berlangsung selama tiga jam hingga pukul 12.00 WIB dan dilanjutkan dengan ishoma.

Setelah ishoma, peserta Muswa kembali dikumpulkan di Gedung PKM FEB lantai 2 guna melaksanakan sidang lanjutan. Menurut Irham Aulia selaku Ketua Komisi 4 Senat Mahasiswa FEB Undip, sidang lanjutan ini bertujuan untuk menetapkan jadwal tiap ormawa secara keseluruhan. Sidang dimulai dengan penyusunan jadwal komisi 1 yang belum sempat disusun saat pemaparan di ruangan karena kekurangan waktu. Terdapat beberapa masalah dalam penyusunan jadwal komisi 1, sehingga menuai protes dari komisi lain. Namun, hal tersebut bisa diatasi dengan cepat. Selanjutnya adalah pemaparan jadwal dari komisi 2, 3, dan 4 yang dijadikan satu rangkaian. Setelah seluruh komisi memaparkan timeline program kerja, sidang dilanjutkan dengan musyawarah untuk menyatukan jadwal yang telah disusun oleh masing-masing komisi.

“Muswa tahun ini menurut saya bagus pelaksanaannya, tidak ada kekurangan yang mengganggu. Saya juga sudah puas dengan hasilnya. Harapannya semoga setelah muswa ini, program kerja masing-masing ormawa bisa terlaksana dengan lancar dan PPO sama GBHK yang kemarin dimusyawarahkan bisa berjalan semestinya,” tutur Mutia selaku perwakilan dari UPK Tari. Hal tersebut diamini pula oleh Irham Aulia yang menyatakan bahwa muswa kali ini lancar seperti tahun sebelumnya. “Semoga hasil muswa ini benar-benar dilakukan, dan (antarormawa -red) saling bekerjasama. Untuk selanjutnya akan disusun berita acara ke dekanat dalam waktu satu minggu kedepan, supaya dekanat tahu proker dari masing-masing ormawa dan anggaran juga bisa segera turun,” jelasnya. Rangkaian acara Muswa 2016 pun resmi ditutup dengan foto bersama perwakilan ormawa, Senat Mahasiswa, dan panitia khusus.(nw)

Reporter : Mutia Rahmania, Niki Agni

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *