Oase di Padang Pasir

FEB Undip (14/6) – Pada hari Jumat, 14 Juni 2013 diadakan kajian Al-Qur’an oleh Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) FEB Undip. Acara yang berdurasi dua jam tersebut diselenggarakan di Ruang Serbaguna PKM lantai 2 FEB Undip. Selain dihadiri peserta dari mahasiswa FEB, kajian tersebut juga mampu menarik peserta dari fakultas lain yang ada di lingkungan Undip pun dosen, seperti Suharnomo.
Dalam kajian bertajuk “Bagaimana Al-Qur’an Memprogram Kehidupan”, menghadirkan ustadz Ainul Yaqin sebagai pemateri. Ia menjelaskan cara Al-Qur’an sebagai pedoman untuk kehidupan seorang muslim. Materi yang disampaikan diantaranya Al-Qur’an berhasil mengubah dunia yang jahiliyah menjadi beriman dan beradab, rahasia turunnya Al-Qur’an secara bertahap, serta kabar-kabar gembira lainnya yang datangnya dari Al-Qur’an. Selain itu, ia juga memaparkan berbagai masalah yang terjadi pada masa sekarang, misalnya kemunduran umat muslim akibat kapitalisme dewasa ini. Pada saat menyampaikan materi kepada peserta, ia pun perkuat dengan dalil-dalil dari Al-Qur’an, Hadist, dan perkataan Ulama. 
Acara ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan Al-Qur’an kepada khalayak. Menurut Muhammad Ubaidillah, selaku anggota KSEI, kajian ini dilatarbelakangi kondisi masyarakat yang kurang memahami Al-Qur’an. Selain itu, bagi mahasiswa juga untuk melengkapi ilmunya, tak hanya wawasan umum saja yang dipelajari di bangku perkuliahan, tetapi juga wawasan agama, terutama bagi umat muslim yaitu dari Al-Qur’an.
Awalnya, acara ini hanya diadakan untuk dosen dan karyawan FEB saja dan sudah dimulai sejak dua bulan lalu, namun kini kajian tersebut terbuka untuk umum. Rencananya acara ini akan diadakan setiap minggunya. Ubaidillah melanjutkan, “Harapannya acara ini seperti oase di padang pasir yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan mahasiswa.” (hya)
Reporter: Haifa Hannum
Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *