ODM Undip 2018 Resmi Berakhir

Undip (12/8) – Bertempat di Stadion Universitas Diponegoro Semarang, telah dilaksanakan Upacara Penutupan Orientasi Diponegoro Muda Universitas Diponegoro (ODM Undip). Penutupan tersebut dihadiri secara langsung oleh Yos Johan Utama selaku Rektor Undip, Mohammad Nasir selaku Menteri Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti), serta Susi Pudjiastuti selaku Menteri Perikanan dan Kelautan. ODM Undip tahun ini mengususng tema “Green Habit”. Dengan pengangkatan tema tersebut, diharapkan para mahasiswa baru dapat membiasakan diri untuk peduli dengan lingkungan serta merawatnya.

Acara dibuka dengan pembuatan 4 model mozaik oleh seluruh mahasiswa baru. Proses pembuatan mozaik disaksikan secara langsung oleh Susi. Ia juga turut terjun ke lapangan dan menyamangati para mahasiswa baru tersebut.

BEM Undip pun juga ikut andil dalam acara tersebut. Ketua BEM Undip, Abdurrohman Hizbulloh, melakukan orasi yang kepada para mahasiswa untuk bisa menjadi agent of change, serta dapat menjadi media penyampaian aspirasi rakyat. “Kita harus bisa membawa Indonesia ke arah yang lebih baik yaitu adil dan makmur,” jelasnya.

Nasir yang merupakan alumni Undip juga memberikan pesan kepada mahasiswa Undip agar mampu menunjukan kualitas ke dunia internasional. “Diharapkan mahasiswa dapat memiliki satu tujuan bagaimana Undip ke depannya makin maju dan berkembang di kelas dunia dan semoga ini bisa dijadikan pendorong anak Undip untuk berprestasi di dunia,” tutur Nasir.

Acara pun dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Rektor Undip, Menteri Ristekdikti, Menteri Kelautan dan Perikanan serta Wakil Ketua GPP IK Undip sebagai tanda resmi berakhirnya rangkaian kegiatan ODM Undip 2018. Selain itu acara dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian yang dilakukan oleh Undip dengan Menteri Kelautan dan Perikanan sebagai bentuk kerjasama. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian 1000 pohon dari mahasiswa baru kepada Undip sebagai bentuk nyata mereka untuk peduli serta menjaga dan merawat lingkungan di sekitarnya.

Kemudian, Susi melakukan orasi ilmiah dan berpesan bahwa masa depan merupakan tujuan awal dari semuanya. “Masa depan tidak boleh kita jual, tidak boleh ditukar oleh apapun karena masa depan adalah tujuan kita semuanya.” Susi juga berharap semoga Undip dapat memiliki kampus di pinggir pantai. “Supaya mahasiswa Undip itu mengetahui lautan, bukan hanya mengetahui gedung dan kota-kota saja,” jelas Susi.

Setelah itu, acara dilanjutkan dengan parade dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang terdapat di Undip, serta terdapat parade budaya yang menampilkan drama kolosal. Acara kemudian dilanjutkan dengan orasi dari masing-masing Ketua BEM Fakultas di hadapan ribuan mahasiswa baru. Acara pun ditutup oleh penampilan Marching Band Akademi Kepolisian.

Reporter : Jessica Rahma S.A

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *