Olimpiade Universitas Diponegoro Resmi Dibuka

Undip (7/11) – Rangkaian Olimpiade Universitas Diponegoro 2015 resmi dibuka hari ini. Bertempat di Student Center Universitas Diponegoro, acara pembukaan dimulai dengan pawai yang dilakukan oleh para kontingen fakultas mengelilingi area kampus Undip, kemudian dilanjutkan pembukaan Olimpiade Undip secara simbolis dengan penyalaan obor oleh Pembantu Rektor III, Budi Setiyono. Terakhir, pelepasan balon sebagai tanda para kontingen yang siap untuk berlaga di arena Olimpiade Undip. Matra atau Macan Sumatera hadir sebagai maskot Olimpiade Undip tahun ini. Maskot ini merupakan pemenang dari sayembara maskot yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh panitia.

Budi Setiyono selaku Pembantu Rektor III membuka olimpiade Undip secara simbolis

Tahun ini, Olimpiade Diponegoro membuka total sembilan cabang olahraga yang dipertandingkan, yaitu cabang olahraga basket, sepak bola, futsal, badminton, voli, atletik, silat, tenis meja, dan catur. Beberapa cabang olahraga seperti sepak bola dan voli telah melangsungkan pertandingan sebelum upacara pembukaan dilakukan.

“Olimpiade itu sendiri merupakan inisiatif yang baik dari teman-teman kita di BEM. Pertama untuk memperkuat persahabatan antarmahasiswa yang terserak di bermacam fakultas. Selama ini ajang untuk bisa mepersatukan dan mempertemukan antarfakultas itu masih terbatas, sehingga inisiatif untuk mengadakan olimpiade ini cukup baik untuk bisa mempertemukan mahasiswa undip dalam satu kompetisi,” jelas Budi Setiyono. Pihak kampus sendiri secara terang-terangan mendukung penuh terselenggaranya kompetisi ini, baik dari segi pendanaan maupun pembinaan. Harapannya agar kedepannya ajang semacam ini tidak hanya menggali potensi yang ada di mahasiswa, tetapi dapat dilakukan pembinaan bagi mereka yang memiliki peluang sehingga mampu bersaing di tingkat nasional secara profesional.

Ditengah perayaan pembukaan Olimpiade Undip, sedikit disayangkan mengingat ada beberapa fakultas yang tidak dapat berkontribusi secara maksimal dalam kontingen. Hal tersebut dikarenakan adanya beberapa acara besar yang dilangsungkan oleh fakultas-fakultas tersebut pada saat yang bersamaan dengan pelaksanaan Olimpiade Undip. Perihal pelaksanaan upacara pembukaan yang merupakan terobosan baru dari olimpiade-olimpiade sebelumnya, Nehru Anggita selaku ketua olimpiade Diponegoro 2015 berharap bahwa acara tersebut dan rangkaian-rangkaian acara seperti ini bisa dilaksanakan lagi kedepanya berbekal euforia di penyelenggaraanya yang pertama.

Untuk rangkaian acara olimpiade, secara keseluruhan akan berlangsung hingga tangal 10 Desember yang nantinya ditutup dengan acara upacara penutupan. Fakultas manakah yang dapat menjuarai olimpiade tahun ini? Apakah sang juara bertahan Fakultas Teknik atau akan keluar juara baru? Kita lihat saja di bulan Desember nanti. (gt)

Reporter: Adhevyo Reza

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *