Orientasi Diponegoro Muda : Tanamkan Nilai Astha Brata pada Mahasiswa Baru

71Undip (8/8) – Upacara pembukaan Orientasi Diponegoro Muda (ODM) tahun 2016 berlangsung dengan khidmat. Bertempat di Stadion Undip Tembalang, upacara diikuti oleh 6.776 mahasiswa baru Universitas Diponegoro pada tingkat Sarjana dan 1.722 mahasiswa pada tingkat Diploma. Turut hadir dalam upacara yaitu perwakilan Majelis Wali Amanat, Pihak Rektorat, Senat Undip, Dekan dari seluruh fakultas, Kepala Jurusan, dan seluruh fungsionaris mahasiswa di tingkat universitas maupun fakultas.

Kali ini, Orientasi Diponegoro Muda mengusung tema Realisasi Astha Brata dalam Jiwa Diponegoro Muda untuk Undip Menuju Golden Era. Rektor Universitas Diponegoro, Yos Johan Utama, melalui pidatonya menyampaikan bahwa masa orientasi kali ini bertujuan untuk menginfiltrasi nilai-nilai Astha Brata ke dalam karakter mahasiswa baru Universitas Diponegoro. Selain itu, ODM ini juga ditujukan untuk lebih mengeksplorasi kembali produk-produk penelitian Undip, sesuai dengan visinya yakni menjadikan Universitas Diponegoro sebagai universitas riset berkelas dunia.

ODM dimulai dengan gladi bersih pada pukul 07.00 WIB. Sementara, upacara pembukaan sendiri baru dimulai pada pukul 07.45 WIB. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara pembukaan ODM kali ini dilaksanakan dengan menggunakan tenda dan kursi. Hal tersebut ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi seluruh peserta ODM. “Penggunaan kursi ini keputusan rektor, kita sebagai panitia teknis hanya mengikuti apa kata beliau, yang jelas ini sebagai bentuk kenyamanan, keamanan bersama, dan lebih kondusif juga,” ungkap Istata Luqman selaku ketua panitia.

Istata berharap Orientasi Diponegoro Muda kali ini dapat menghilangkan segala bentuk perpeloncoan, kekerasan, dan pembodohan lainnya, serta dapat menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada mahasiswa baru sebagai representasi Diponegoro Muda. “Seperti yang diakatakan tadi bahwa Undip bebas perpeloncoan, jadi segala bentuk kekerasan pembodohan dsb, kita tidak menerima hal itu, kita cuma ingin menanamkan nilai-nilai kebaikan, nilai-nilai kediponegoroan kepada mahasiswa baru sebagai representasi dari Diponegoro muda,” imbuh Istata. Hal senada juga diungkapkan oleh Zahra Arya Fika selaku mahasiswa baru Jurusan Pendidikan Dokter, “Semoga lebih seru lagi sih, semoga tidak memberatkan, pokoknya yang asik-asik aja deh,”  ungkap Zahra.

Reporter : Rismanto, Desi

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *