PADATARA: Cintai Budaya Indonesia Cinta Tari Nusantara

1494369342123 (1)

FEB Undip (9/5) – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tari FEB Undip mempersembahkan acara Pagelaran Budaya Tari Nusantara (PADATARA) yang ke-5. Tema yang diangkat yaitu “Harmonisasi Cinta dalam Budaya”. PADATARA kali ini terdapat dua rangkaian acara. Pertama, lomba tari nusantara yang bebas diikuti oleh siapapun mulai dari mahasiswa, siswa SMP, SMA, hingga sanggar di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Kedua, pagelaran tari yang sekaligus merupakan puncak acara dari seluruh rangkaian Padatara. Acara puncak sekaligus penutupan ini bertempat di Dome FEB Undip.

Acara puncak PADATARA dibuka dengan pemutaran video teaser tentang Padatara UKM-F Tari dilanjutkan dengan sambutan dari Wirda Summaya selaku ketua UKM-F Tari. Memasuki acara inti, pagelaran tari diawali dengan tarian Balakosa, dilanjutkan Tari Saman yang dipersembahkan oleh International Performance Dance Club (IPDC) Yogyakarta. Setelah itu, Tari Ropyan yang berasal dari Banyumas dan Tari Bedana yang berasal dari Provinsi Lampung juga digelar dalam acara tersebut.

Tidak hanya persembahan tari saja, dalam acara tersebut juga disuguhkan beberapa quiz terkait dengan tarian di Indonesia untuk para hadirin. Selain itu pembagian hadiah kepada tiga pemenang lomba tari yang telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Mei 2017 silam. Adapun ketiga juara tersebut yaitu Juara favorit sanggar dimenangkan oleh Aneuk Seni Aceh Pocut Biheu dari Semarang. Juara 1 diraih oleh International Performance Dance Club (IPDC) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Juara 2 berasal dari BKKT (Badan Koordinasi Kesenian Tradisional) UNS Solo.

Acara kembali dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Tor-Tor yang dipersembahkan langsung oleh UKM-F Tari FEB Undip, Tari Gantar yang berasal dari Kalimantan Timur, Tari Ngilo, Tari Saman dan Tari Asmarandhana yang sekaligus menutup acara

Rizky Ade Katutari selaku ketua panitia menyampaikan harapannya untuk padatara tahun selanjutnya. “Untuk padatara tahun depan, semoga lebih sukses, lebih punya progress yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Juga untuk lombanya, semoga sudah bisa setaraf internasional.” ungkapnya.

 

Reporter : Bella, Wakhidatun

 

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *