Paket Ilmu Lengkap dalam Forum Prestatif BEM FEB Undip

FEB Undip (11/4) – Rangkaian Forum Prestatif “IPK Tinggi menjadi Tak Berarti Tanpa Ada Bhakti untuk Negeri” oleh Badan Eksekutif Mahasiswa kembali dilanjutkan pada Sabtu (11/4) setelah acara sebelumnya, Talkshow Prestatif telah dilaksanakan pada Kamis (9/4) lalu. Forum Prestatif bertujuan memotivasi mahasiswa FEB Undip agar lebih tertarik, berminat, dan mengikuti perlombaan-perlombaan di tingkat Nasional maupun Internasional.

Pelatihan Prestatif berlangsung di EA.1.1 FEB Undip pukul 09.00 WIB dengan diikuti oleh 98 peserta. Acara ini meliputi tatacara penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Essai, kompetisi debat, serta penulisan Bussines Plan. Materi pertama mengenai LKTI dan Essai dipaparkan oleh Faiz B. Rahman, mahasiswa hubungan Internasional FISIP Undip sesaat setelah acara dibuka. Menurut Faiz, kiat-kiat agar LKTI lolos seleksi adalah kelengkapan proposal yang harus diperhatikan agar sesuai dengan format penulisan yng ditetapkan, penggunaan bahasa yang mudah dipahami karena kemungkinan proposal akan dinilai oleh reviewer dari background yang berbeda. Terakhir, harus ada benang merah (hubungan/korelasi) antara judul, latar belakang, perumusan masalah, tinjauan pustaka, metode pelaksanaan program  dan target luaran,serta memiliki manfaat yang baik bagi mahasiswa maupun masyarakat.

Materi berikutnya oleh Carlo D. Tonio, Mahasiswa Fakultas Hukum Undip yang menyampaikan tatacara dalam pelaksanaan debat yang baik dan benar. Carlo menjelaskan mengenai debat dan faedahnya yaitu, melatih kepercayaan diri, melatih kemampuan berbicara, memperluas logika berpikir, dan mempertajam kemampuan analisa terhadap masalah. Terakhir, acara diisi dengan pemaparan materi mengenai tatacara penulisan Bussines Plan oleh Iman Khusni I., Mahasiswa FEB UNDIP. Iman memberikan tips dan trik Master Bussines Plan yaitu dengan menjawab kebutuhan konsumen, mengatasi solusi, dan menyempurnakan solusi yang pernah ada. Pelatihan Prestatif berakhir pukul 12.20 WIB. (gt)

Reporter : Gadis, Ida

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *