Pegadaian Tawarkan Solusi Pengentasan Kemiskinan

FEB Undip (2/3) – Fakultas Ekonomika dan Bisnis mengadakan kuliah umum bertajuk “Solusi Pengentasan Kemiskinan Versi Pegadaian” pada pukul 10.15. Bertempat di Hall Gedung C FEB Undip, kuliah umum ini digelar untuk membuka secara simbolis rangkaian acara Dies Natalis FEB Undip ke-55. Hadir pada kesempatan itu Sudharto P. Hadi selaku Rektor Universitas Diponegoro, Suharnomo selaku Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dan Suwhono yang merupakan Direktur Utama dari PT. Pegadaian (Persero), Tbk.

Acara yang bertujuan untuk memberikan pencerahan dan gagasan kepada mahasiswa tentang pegadaian ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian sambutan sekaligus pembukaan oleh Sudharto, pembacaan doa, serta pemotongan tumpeng oleh Suharnomo.

Penyampaian materi oleh Suwhono menjadi agenda berikutnya. Suwhono mengatakan bahwa untuk mengurangi jumlah penduduk miskin diperlukan upaya-upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan secara komprehensif dari seluruh stakeholder agar program-program yang dicanangkan dapat terlaksana secara efektif. Menurutnya, pegadaian sebagai agent of development dapat berupaya untuk membantu pemerintah dalam pengentasan kemiskinan, yakni melalui pemberian layanan keuangan kepada masyarakat dengan model bisnis yang sederhana dan proses layanan cepat melalui jaringan distribusi yang menjangkau daerah terluar di seluruh Indonesia serta didukung infrastruktur TI yang memadai. “Jadikan orang miskin sebagai subjek bukan objek,” ujar Suwhono.

Dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, kuliah umum ditutup dengan pemberian plakat kepada Suwhono oleh Hadi Sasana. “Kuliah umum ini dapat membuka wawasan saya tentang pegadaian,” terang Tutut Dwi Cahyanti, mahasiswi IESP 2013. Tutut juga berpesan agar kita sebagai mahasiswa dapat membuka wawasan orang lain yang masih awam tentang apa itu pegadaian dan manfaatnya untuk masyarakat. Bertolak belakang dengan Hadi Sasana selaku Ketua Panitia yang menyesalkan bahwa hanya sedikit mahasiswa yang bertanya pada sesi tanya jawab. Ia berharap pada kuliah umum selanjutnya mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik. (gt)

Reporter: Luthfi, Henty, dan Galuh

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *