Peka dan Kritis pada Kebijakan Pemerintah Lewat Kajian Komprehensif

11.11

FEB Undip (31/03) – BEM FEB Undip menyelenggarakan Kajian Komprehensif untuk semua mahasiswa FEB Undip di selasar PKM. Kajian ini kali pertama diadakan dengan mengangkat tema “Automatic Exchange of Information: Indonesia Harus Pintar Menghadapi Fenomena Perpajakan Global”. Acara ini sebagai wadah mahasiswa FEB Undip untuk melakukan kajian, mengembangkan potensi, dan menumbuhkan rasa peka terhadap isu-isu ekonomi yang ada.

Dwi Pitari Damanik selaku moderator memandu acara diskusi terbuka tersebut. Pemaparan materi disampaikan oleh Syahid Izzulhaq sekaligus sebagai ketua panitia. Ia mengungkapkan sebagai mahasiswa diperlukan peran moral untuk mengkritisi setiap kebijakan. Turut hadir Muhammad Yusuf Alfatha, Ketua BEM FEB Undip, menyampaikan bahwa sebagai mahasiswa memiliki kepekaan terhadap segala kebijakan pemerintah dan mengkritisinya jika terdapat kekeliruan.

Tidak dapat dipungkiri juga bahwa dalam acara tersebut memiliki kendala. “Kendala secara umum sih ada pada mahasiswa yang masih apatis dan terus dibangun melalui berbagai kajian yang diadakan oleh para ormawa dan makin baik lagi ke depannya,” jelas Syahid.

Syahid berharap agar mahasiswa FEB lebih antusias dalam mengikuti acara kajian seperti ini agar tercipta rasa kepedulian terhadap masalah ekonomi. “Untuk acaranya diharapkan makin baik ke depannya, dalam arti makin baik secara teknis dan juga secara fungsinya,” tukasnya.

Handoko Dwi Wibisono mahasiswa yang hadir dalam acara tersebut berpendapat bahwa kajian ini sangat menarik. “Pertama ilmunya bertambah setelah mengikuti acara ini dan kesannya banyak sekali orang-orang yang berpikiran luas dalam acara ini serta dapat bertukar pikiran dengan teman-teman di sini,” ujarnya. Ia juga menyayangkan tempat dilaksanakannya kajian yang kurang nyaman dan rendahnya partisipasi mahasiswa.

Reporter: Dirga, Rafi’

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *