Pelatihan Depth News dan Poster oleh LPM Edents

FEB Undip (11/4)Depth news merupakan berita mendalam, mencakup pembahasan selain yang tertera dalam straight news serta dilengkapi data multilinier. Depth news dapat dikembangkan oleh wartawan dengan memegang prinsip multi angle (3W+4B), yaitu menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti what happened, what does it mean to be, dan what should I do serta memberikan manfaat berupa practical benefit, intelectual benefit, emotional benefit, dan  spiritual benefit. Seperti itulah salah satu pokok bahasan dalam Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut (PJTL) LPM Edents yang berlangsung di Ruang EB. 3.04 FEB Undip pukul 09.00 WIB tadi.

Menurut Mia Rusliyanti selaku Ketua PJTL, acara ini bertujuan untuk meningkatkan kecakapan Edentser di bidang jurnalistik. “Sebelumnya (re: Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar) kan sudah diberi materi tentang Straight News dan Features News, nah kalau sekarang Indepth News sama Poster,” ujar Mia. PJTL kali ini diikuti oleh 49 Edentser dari angkatan 2013 dan 2014. Selama acara berlangsung, para peserta diharuskan untuk mengumpulkan alat telekomunikasi . Hal ini bertujuan agar para peserta lebih fokus saat pembicara sedang menyampaikan materi.

Dimulai dengan pembukaan oleh Rio Putri Paramita selaku Pemimpin Umum LPM Edents, PJTL dilanjutkan dengan penyampaian materi Prinsip-prinsip Indept News oleh Rustam Aji selaku Editor Tribun Jateng. Setelah pemaparan materi usai, kemudian diadakan sesi tanya jawab dan praktik langsung penulisan Indepth News mengenai fakta empiris oleh masing-masing kelompok yang sebelumnya telah dibentuk panitia terkait kondisi disekitar kampus FEB. Sesi pertama diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan kepada Rustam Aji pada pukul 11.15 WIB.

Sesi kedua, dilanjutkan dengan materi poster yang dipaparkan oleh Oki Hendarto, salah satu mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) Udinus. Sebelum memulai praktik, Oki dan rekannya, Ainul Fatkurrahman, mengenalkan terlebih dahulu tentang seluk beluk poster. Selanjutnya, para peserta diajarkan untuk membuat poster menggunakan aplikasi Adobe Photoshop. Sesi kedua berakhir pukul 13.30 WIB dengan ditandai penyerahan kenang-kenangan oleh ketua panitia.

Mia berharap, PJTL kali ini membuat Edentser lebih mampu bergerak di bidang jurnalistik terutama pers mahasiswa. “Kemudian, agar PJTL tahun depan pelaksanaanya lebih baik. Pembicara-pembicaranya yang lebih bermanfaat besar untuk kita semua,” tutup Mia. (gt)

Reporter : Akhmad Sadewa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *