Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar, Tanamkan Mental Jurnalis Berani Kritis

Sabtu (19/9) – Bertemakan Bermental Jurnalis Berani Kritis, LPM Edents kembali menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) yang ditujukan bagi Calon Magang LPM Edents. Acara ini diadakan di Gedung A FEB Undip Ruang 3.04 dengan menghadirkan dua pembicara dari Mantan Edents. PJTD merupakan salah satu dari rangkaian Open Recruitment (Oprec) bagi calon magang Edents 2015 setelah pengumpulan formulir. Kemudian, oprec akan dilanjutkan dengan tes tertulis dan wawancara pada 28-30 September mendatang, serta pembuatan majalah semu bagi calon magang pada 1-9 Oktober dan diakhiri dengan presentasi tanggal 10 Oktober 2015.

PJTD dimulai pukul 09.30 WIB dengan hiburan dari Edentser yang membawakan dua lagu. Dilanjutkan dengan sambutan dari ketua panitia, Dicha Ariesta dan Pemimpin Umum LPM Edents, Rio Putri. Rio juga memberikan pengenalan singkat LPM Edents dari struktur organisasi, produk-produk, dan acara serta agenda rutin dari LPM Edents.

Materi pertama disapaikan oleh Hendy Aprilian Hidayat selaku Pemimpin Umum LPM Edents periode 2012/2013. Hendy membahas tentang kode etik jurnalistik disertai tahap-tahap pembuatan berita secara umum yang terdiri atas menentukan topik, menentukan narasumber, dan mendapatkan narasumber. Ia juga menyampaikan bagaimana mental jurnalis yang baik. Tak lupa, di sela-sela materi Hendy berbagi pengalaman ketika menjadi Edentser pada masanya. Ia mengatakan bahwa Edents tidak hanya melatih softskill berorganisasi, tetapi juga kemampuan untuk menulis.

Berikutnya, Nurul Qolbi selaku Pemimpin Redaksi periode 2013/2014, memaparkan materi seputar Straight News. Nurul menjelaskan bahwa Straight News memuat 5W+1H yaitu what, who, where, when, why, dan how. Ia juga mengatakan bahwa menulis adalah makanan pokok setiap hari. Selain itu, mulai dari surat, proposal, tugas, hingga pembuatan skripsi memerlukan kemampuan menulis. Kemampuan menulis dapat ditingkatkan dengan banyak membaca, diskusi, dan mengikuti seminar/talkshow. Setelah materi selesai, PJTD dilanjutkan dengan simulasi pembuatan berita dan diakhiri dengan pembagian kelompok majalah semu.

Berbeda dari tahun sebelumnya yang menghadirkan pembicara dari wartawan surat kabar, kali ini pemateri PJTD berasal dari Mantan Edents. Meski begitu, menurut panitia, materi yang disampaikan pada PJTD kali ini tidak kalah menarik, terbukti dengan antusiasme peserta yang hadir. Tujuan dari diadakan PJTD sendiri adalah untuk memberikan sebuah pandangan tentang dunia jurnalistik dan pengetahuan umum untuk menjadi seorang jurnalis, juga untuk menumbuhkan minat peserta terhadap LPM Edents. “Mungkin bisa lebih baik dari anak-anak Edents sebelumnya. Jadi mereka biar bisa mengepakkan sayap jurnalistiknya setinggi mungkin,” tutur Dicha. (gt)

Reporter : Dian P.

Facebook Comments