Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut LPM Edents FEB Undip

(PJTL LPM Edents)
(PJTL Bersama Imanul Yaqin)

Undip (18/5) – Lembaga Pers Mahasiswa Economics Students (LPM Edents) FEB Undip mengadakan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Lanjut pada 17-18 Mei 2014. Pelatihan yang ditujukan untuk para punggawa LPM Edents ini menghadirkan beberapa pembicara di bidang jurnalistik dan fotografi.

“Kegiatan ini diharapkan nantinya akan menambah pengetahuan dan semangat bagi staf dan magang Edents guna menghasilkan produk-produk jurnalistik yang lebih baik lagi,” tutur Afrina Zuchra selaku ketua panitia.

Pelatihan yang digelar di Ruang Serbaguna, Rusunawa Undip ini pada hari pertama menghadirkan Ananto Pradono (redaktur pelaksana harian Suara Merdeka) dan Imanul Yaqin (alumni Edents). Ananto memaparkan bahwa menulis berita sebaiknya dilakukan dengan menanamkan nilai-nilai kreatifitas. “Dunia kreatif adalah dunia tanpa batas, kreatif merupakan bagian dari perjalanan waktu, pergaulan dan peminatan,” ungkap Ananto. Tak lupa, ia juga menjelaskan mengenai cara penentuan fakta dan opini, membuat berita sederhana, hingga penggunaan kata yang baku dan sesuai dengan Ejaan yang Disempurnakan (EYD).

Sedangkan Imanul Yaqin memberikan motivasi kepada para Edentser. Ia membagi peserta menjadi beberapa kelompok dan memberi tugas untuk membuat mind mapping. Mind mapping berisikan mimpi-mimpi yang ingin dicapai baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek dan strategi untuk mencapai mimpi tersebut. “Coba bayangkan dan tulis mimpi tertinggi  yang kalian inginkan, jangan cuma impian yang sederhana, yakinkan mimpi itu,” tuturnya. Imanul juga menanamkan pesan-pesan moral seperti fokus pada proses dan jangan menjadikan aspek materil sebagai awalan atau tujuan dalam mengabdikan diri di dunia jurnalistik.

Di hari kedua pelatihan, peserta disuguhi pelatihan fotografi bersama Maulana M. Fahmi (fotografer Suara Merdeka). Maulana mengajak peserta untuk cerdas dalam melihat momen ketika memotret, sehingga gambar hasil jepretan nantinya dapat ”berbicara” dan pesan pun tersampaikan. Materi terakhir diberikan oleh Mohammad Saronji (redaktur harian Suara Merdeka). Saronji menjelaskan mengenai depth news dan menugaskan Edentser untuk langsung mempraktekkannya. Kegiatan pelatihan ini diakhiri pada pukul 16.30 WIB dan ditutup dengan pengumuman Best Magang dan Best Staff untuk periode Januari hingga Juni.

Reporter: Alphonso Yansen dan Khairul Arifin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *