Pelatihan Metodelogi Penelitian untuk Bisnis

pamflet kegiatan Workshop Metodologi Penelitian
pamflet kegiatan Workshop Metodologi Penelitian

FEB Undip (7/3) – Workshop Metolit merupakan pelatihan metodelogi penelitian untuk bisnis yang dilaksanakan mulai tanggal 3 hingga 7 Maret.         Bertempat di Hall Pertamina gedung Dekanat FEB, acara ini diikuti oleh peserta yang hadir tak hanya dari FEB saja, namun juga dari luar FEB. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan kapasitas peserta dalam rangka memahami metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif untuk bidang bisnis. Kedua, dalam rangka meramaikan Dies Natalis ke-54 FEB.

Workshop yang berlangsung selama lima hari ini, terdiri dari pembahasan program yang berbeda-beda setiap harinya. Workshop hari pertama membahas mengenai metodelogi kuantitatif untuk bisnis secara umum. Hari kedua membahas mengenai analisis multivariat dan ekonometrika. Sedangkan hari ketiga dan keempat mengenai metode kualitatif dan aplikasi AMOS. Lalu di hari terakhir ialah metode SEM. Pembicara dalam workshop ini antara lain Agusty Tae Ferdinand, Imam Ghozali, Sugiyono, Firmansyah, Anis Chariri, Amie Kusumawardhani, Susilo Toto R., Dwi Ratmono dan satu orang dosen UGM, Mahfud Sholihin.

“Kendala yang terjadi, pertama ada peserta dari jauh yang belum mendaftar dan minta diikutsertakan dalam acara karena telah sampai ke Semarang sehingga harus menambah kursi peserta, juga kekurangan buku-buku,” ujar Firmansyah, PIC kegiatan. Selain itu kendala yang lain yang dirasakan panitia ialah pemberitahuan mengenai pemadaman listrik di sekitar kampus Undip Tembalang oleh PLN. Hal ini mengakibatkan panitia sempat kerepotan karena pemasangan genset membutuhkan waktu. Meski demikian, acara dapat berjalan lancar sesuai rencana.

Selain pelatihan, workshop ini juga memperkenalkan buku-buku terbitan BP Undip yang pengarangannya merupakan dosen-dosen FEB. “Semoga acara ini bisa menunjukkan Undip ada kelasnya di instruktur-instruktur pengelolaan dan sebagainya, serta juga mengenalkan pengarang buku dari FEB yang top-toplah,” harap Firmansyah. (nq)

Reporter : Dian Mustika

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *