Pelatihan SPSS, Prioritaskan Mahasiswa Manajemen 2011

Pelatihan SPSS
Pelatihan SPSS

FEB Undip (12/5) – Pelatihan SPSS 2014 mulai dilaksanakan pada Senin lalu (12/5) di laboratorium komputer FEB Undip. Pelatihan yang dinahkodai oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen (HMJM) FEB Undip ini, digelar dalam dua tahap yakni gelombang pertama dan gelombang kedua. Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB dan diikuti oleh kurang lebih 60 orang mahasiwa jurusan Manajemen.

Hadir sebagai pembicara, dosen jurusan Manajemen FEB Undip, yakni Erman Denny Arfianto. Ia menjelaskan mengenai statistika, dasar dan prinsip dalam statistika, regresi linier, estimasi parameter, hingga ke metode estimasi. Selain itu, hadir pula Rizal Hari Magnadi yang memberi pelatihan.

Sarah Dewi selaku ketua acara mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan agar dapat membantu mahasiswa Manajemen semester enam dalam pembuatan skripsi. “Karena ini (statistik –red) termasuk pengolahan data untuk menguji bahwa hipotesis benar. Jadi, secara akademis tujuannya adalah membantu kakak-kakak Manajemen 2011 dalam pembuatan skripsi,” ujarnya.

Sarah menambahkan meskipun pelatihan lebih diprioritaskan untuk mahasiswa Manajemen 2011, namun tidak menutup kemungkinan untuk diikuti oleh mahasiswa Manajemen 2012 dan 2013. Sarah menjelaskan, mulanya pelatihan akan berlangsung selama 8 hari, namun karena khawatir peserta bosan, maka acara hanya diselenggarakan 6 hari dengan jatah masing-masing gelombang 3 hari. “Kami terkendala di bagian dekanat (perizinan –red), karena lab dipakai untuk belajar bukan kegiatan lain, padahal ini juga untuk mendukung skripsi,” tutur Sarah. Ia berharap dengan pelatihan ini, mahasiswa Manajemen 2011 terbantu dalam penulisan skripsi dan penelitian.

Menurut Clarissa (Manajemen 2011), salah seorang peserta menyatakan, acara ini sangat membantunya dalam rangka memahami statistika. Ia juga berharap pelatihan berikutnya lebih dipadatkan dengan praktek dibanding teori. (nq)

Reporter: Aisyah dan Rini Wati

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *