Pembiayan Sekunder Perumahan : Ciptakan Hunian untuk Masyarakat Menengah ke Bawah

PicsArt_02-23-06.39.52

FEB Undip (23/2) – Kebutuhan akan tempat tinggal merupakan salah satu dari tiga kebutuhan pokok manusia. Namun, tak semua orang bisa memiliki tempat tinggal, khususnya bagi mereka yang memiliki golongan ekonomi lemah. Guna menjawab masalah terkait pembiayaan perumahan di Indonesia, FEB Undip menggelar kuliah umum yang bertajuk Pembiayan Sekunder Perumahan di Indonesia. Kuliah umum ini diadakan di Hall Gedung C Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) pada pukul 10.00 WIB. Turut hadir dalam acara tersebut Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan IV, Kepala Jurusan di lingkup FEB, dan tentunya mahasiswa FEB. Kuliah umum dibuka dengan sambutan Suharnomo selaku Dekan FEB Undip.

Kuliah umum ini menghadirkan pembicara yaitu Raharjo Adisusanto selaku Direktur Utama PT. Sarana Multigriya Finansial (persero). Selain menjadi pembicara, Raharjo juga memberikan sambutan. Menurut Raharjo,  pembiayaan perumahan dapat dibedakan atas dua, yaitu pasar pembiayaan primer dan sekunder perumahan. Pembiayaan sekunder perumahan khusus ditargetkan untuk masyarakat kelas menengah ke bawah.

Acara inti pada kuliah umum dipandu oleh Paramita Prananingtyas yang merupakan akademisi Fakultas Hukum Undip. Kuliah umum tersebut membahas tentang sekuritisasi (pengamanan – red) aset. Selain itu, dijabarkan pula misi pemerintah untuk menyalurkan dana dari pasar modal ke penyalur kredit perumahan rakyat (KPR). Hal tersebut bertujuan untuk menambah percepatan volume KPR di Indonesia, dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kesinambungan pembiayaan perumahan yang terjangkau bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah. Tujuan dari adanya pembiayaan sekunder adalah untuk menciptakan perumahan yang nyaman untuk dihuni.

Kuliah umum berjalan kondusif dan mendapat antusiasme yang tinggi dari peserta. Hal itu terbukti dengan banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab. Acara berakhir pukul 12.00 dengan pemberian doorprize  kepada lima orang penanya terpilih. (nw)

Reporter : Rismanto

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *