Pemiltas 2017, Panlih Tetapkan Aturan Baru

FEB Undip (6/10) – Panitia Pemilihan (Panlih) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) baru saja melaksanakan sosialisasi terkait Pemilihan Raya Tingkat Fakultas (Pemiltas). Sosialisasi ini dibagi menjadi dua bagian, yakni sosialisasi syarat dan ketentuan pendaftaran calon ketua dan wakil ketua BEM FEB pada Selasa (3/10) silam dan sosialisasi terkait petunjuk teknis (Juknis) pemiltas. Dimulai pukul 16.00, peraturan mengenai juknis disampaikan oleh Septiansyah Surachman selaku Ketua Panlih FEB Undip

 Mahasiswa yang kerap disapa Anca ini membacakan poin-poin terkait juknis pada Pemiltas 2017, diantaranya teknis pendaftaran calon, syarat tim pemantau, peraturan kampanye dan tim sukses, teknis pelaksanaan pemungutan suara, pemindahan kotak suara, dan perhitungan suara.  Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan organisasi mahasiswa (ormawa) di FEB, mulai dari HMEI, EECC, KSEI, LPM Edents, Sema FEB, dan lainnya.

Perihal pelaksanaan Pemiltas 2017, Panlih menerapkan beberapa aturan yang berbeda dibanding dengan Pemiltas tahun lalu. Yang pertama, masa perpanjangan waktu pendaftaran apabila hanya ada satu calon tunggal yang mendaftar. “Jadi, kita punya rentang waktu satu sampai tujuh hari untuk masa perpanjangan. Berbeda dengan tahun lalu yang mentok harus tujuh hari kalau tahun ini maksimal tujuh hari. Jadi perpanjangan misal baru hanya ada satu calon mungkin bisa sampai tiga atau empat hari saja,” ungkap Anca.

Yang kedua adalah perihal aturan kampanye, dimana mahasiswa yang tidak terdaftar sebagai tim sukses (timses) dilarang untuk berkampanye di media sosial.  Hal ini diberlakukan guna mencegah kampanye hitam yang dilakukan oknum tak bertanggungjawab. “Sebenarnya untuk mengantisipasi orang yang bukan timses, namun berpura-pura menjadi timses yang nantinya bisa membuat postingan menjelek-jelekkan calon tersebut. Nantinya jika ada hal seperti itu bisa dibuktikan bahwa dia bukan timses, dan hal-hal yang tidak diinginkan itu tidak terjadi,” ujar Anca.

Perbedaan ini wajar karena peraturan Pemiltas setiap tahunnya akan berbeda dan menyesuaikan kondisi. “Kalau peraturan selalu mengalami perubahan, cuma perubahan tersebut dilakukan oleh senat,” terangnya.

Ada pun  Pemlitas FEB akan diikuti oleh mahasiswa S-1 angkatan 2014 s.d 2017. Sedangkan mahasiswa D-3 tidak dapat mengikuti pemiltas FEB karena sudah bergabung dengan Sekolah Vokasi.

 

Reporter : Akhmad Sadewa, Henty Eka

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *