Pemimpin Baru, Nafas Baru HMJ IESP

Suasana pemilihan HMJ IESP (doc. Edents)

FEB Undip (27/11) – Suksesi Himpunan Mahasiswa Juruasn Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HMJ IESP) dilanjutkan pada Rabu (27/11) di gedung C lantai 1 FEB Undip dengan agenda pemilihan calon ketua. Pada pemilihan tersebut mahasiswa jurusan IESP menggunakan hak suaranya untuk memilih satu dari tiga orang kandidat, yakni William Adam (IESP 2011), Muhammad Fakhruddin (IESP 2012), dan Bernadethe Claudia Rindina (IESP 2012).

Sebelum pemilihan dimulai, sempat terjadi perdebatan antara panitia suksesi HMJ IESP dan HMJ Manajemen terkiat tempat pemungutan suara (TPS). Perdebatan ini terjadi karena HMJ Manajemen saat itu juga akan melakukan membuka TPS ditempat yang sama (gedung C lantai 1 FEB Undip –red). Tadi sih hanya ada missed komunikasi saja dengan Bapak penjaga gedungnya, ujar Citra Sekarwangi, salah satu panitia suksesi HMJ IESP. Pembukaan TPS pun sempat mengalami keterlambatan, TPS seharusnnya dibuka pukul 08.30 WIB menjadi pukul 10.00 WIB, dan lagi-lagi karena adanya missed komunikasi.

Sistem pemilihan kali ini menggunakan cara yang berbeda dengan tahun sebelumnya. “Perbedaannya kalau dulu itu pakai system contreng dan memang kemarin itu dengan sistem itu tidak berjalan dengan lancer ,makanya kita kembali kepada sistem pencoblosan, ujar Ichwinsyah Azali, ketua HMJ IESP periode 2012/2013.

Mekanisme pencoblosan dimulai dengan menunjukkan kartu identitas pemilih. “Pertama mereka menunjukkan KTM atau kartu flazz. Kartunya itu sebagai bukti bahwa dia itu mahasiswa IESP,” tutur Citra. Setelah menunjukkan kartu identitas, pemilih akan diberi kartu yang berisi foto tiga kandidat calon IESP. Setelah melakukan pencoblosan, salah satu jari akan diberi tinta sebagai bukti telah memilih.

Salah satu mahasiswi yang  ikut pemilihan berharap HMJ IESP bisa menjadi lebih baik, “harapan untuk HMJ IESP ya lebih baik, kegiatannya lebih banyak, terus bias merekrut anak-anaknya untuk ikut kegiatan itu. Pesertanya kalau bisa 80%  dari jumlah yang ada jadi bagaimana caranya ketua mengakomodir anak – anak,“ ujar Sarah Aulia, mahasiswi IESP 2013.

Usai pemungutan suara, penghitunganpun dilakukan di hari yang sama, tepatnya pukul 17.15 WIB di selasar PKM. Sebelum penghitungan suara dimulai, salah satu saksi mengajukan instruksi mengenai pamphlet yang terpasang ketika hari tenang. Setelah panitia berdiskusi, ditetapkan bahwa itu bukan pelanggaran administratif karena belum ada yang melaporkan mengenai masalah terkait.

Setelah dilakukan penghitungan suara, didapatkan hasil akhir sebagai berikut: William Adam memperoleh suara 135 (43,54%), Muhammad Fakhruddin memperoleh120 suara (38,70%), dan Bernadethe Claudia Rindina 36 suara (11,61%). Sedangkan untuk surat suara yang rusak sebnayak 19 (6,12%). Berdasarkan hasil akhir penghitungan suara tersebut, terpilihlah Wiliam Adam sebagai Ketua HMJ IESP untuk periode 2013/2014. (nq)
Reporter: Nungky, Wahid

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *