Pemira FEB Lawan Kotak Kosong?

jadddi-1

FEB Undip (21/10) – Pendaftaran calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB 2017 resmi ditutup pada Jumat (21/10) pukul 16.00 WIB tadi. Hingga pendaftaran ditutup, hanya terdapat satu pasang calon yang mendaftarkan diri ke Panitia Pemilihan Raya (Panlih) FEB Undip. “Dari Pemira FEB itu yang resmi baru satu pasang calon,” ujar Septiansyah Surahman, Wakil Panlih Pemira FEB 2016. Dikarenakan hanya terdapat satu calon, menurut Septiansyah, Pemira FEB 2016 akan dilaksanakan dengan sistem kotak kosong. Hal tersebut didasari oleh Perma Nomor 05 Senat Mahasiswa FEB Undip yang menjelaskan bahwa jika hanya terdapat satu pasang calon dalam Pemira FEB 2016, maka Pemira akan tetap dilaksanakan dengan konsekuensi melawan  kotak kosong.

“Mengenai sistem kotak kosong itu sama aja pemilihan pada biasanya. Dimana itu ada dua nomor, yang satu diisi oleh pasangan calon dan nomor kedua diisi oleh kotak kosong. Jadi disitu mahasiswa diberi hak untuk memilih nomor satu yang ada calon atau nomor dua yang kotak kosong,” ungkap Septiansyah. Ia juga menambahkan bahwa dari forum alumni Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa Dasar maupun Madya tidak menemukan kesepakatan atas Pemira FEB 2016 ini.

Menanggapi sistem tersebut, Muh. Yusuf Alfatha selaku calon Ketua BEM FEB 2017 menuturkan bahwa dirinya sangat kecewa. Alfa mengatakan bahwa banyak teman-teman yang sebenarnya mampu mencalonkan diri namun, tidak mau mendaftar sebagai calon Ketua dan Wakil Ketua BEM FEB Undip. Menurutnya, sistem kotak kosong ini rawan karena menjadikan demokrasinya tidak sehat. Tidak adanya pilihan lain yang menjadi komparasi bagi mahasiswa dalam Pemira, juga akan menyebabkan tingkat partisipasinya menurun. “Karena pertama cuman satu orang jadi nggak ada komparasi, yang kedua nggak ada hegemoni-hegemoni atau partisipasi yang lebih dari satu ke yang lain,” jelas Alfa.

Alfa berharap agar kedepannya mahasiswa di FEB dapat lebih parsisipatif dalam Pemira, karena dasarnya Pemira merupakan ajang demokrasi bagi seluruh warga FEB. “Aku mewakili Hanif juga berharap agar teman-teman di FEB dapat berpartisipasi dalam Pemira ini, agar ada harapan yang lebih baik untuk FEB kedepannya,” tutur Alfa.

Reporter : Nur Wahidin

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *