PEMIRA : MENGENAL LEBIH DEKAT CALON PEMIMPIN KITA

FEB Undip (2/12) – Civitas Akademika Universitas Diponegoro akan melakukan pesta demokrasi dengan digelarnya Pemilihan Raya (Pemira) pada Kamis (4/12). Demi meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis, maka digelarlah kampanye dialogis yang diadakan di dome FEB. Kampanye dialogis ini bertujuan untuk memperkenalkan calon Senator ditingkat FEB dan calon ketua BEM tingkat Universitas.

Berlangsung pukul 09.00 hingga pukul 10.00, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan sambutan dan pembukaan oleh ketua pelaksana Pemilihan Raya. Setelah itu, pemaparan visi dan misi calon senat dari masing-masing partai, kemudian sesi tanya jawab antara mahasiswa dan calon senator. Terakhir, pengenalan dan pemaparan visi misi oleh calon ketua dan wakil ketua BEM-KM, serta sesi tanya jawab calon ketua dan wakil ketua BEM-KM dengan partisipan.

Deni Syahputra selaku ketua Komisi Pemilihan Raya,  mengatakan Pemira tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana calon ketua dan wakil ketua BEM-KM hanya terdapat satu pasang saja. “Dari BEM hanya ada satu calon, jadi nggak ada debat, hanya menyampaikan visi dan misi dan dialog tanya jawab dengan peserta,” terang Deni. Ia juga menambahkan bahwa tahun ini merupakan tahun terakhir dimana pemilihan senator menggunakan sistem partai. Hal ini dikarenakan pada tahun depan pemilihan akan dilakukan dengan sistem perwakilan.

Kampanye dialogis ini mendapat berbagai tanggapan dari mahasiswa. “Acara ini bagus, dalam rangka untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Undip. Dimana saya rasa rasa kecintaan kita terhadap Undip masih kurang,” ujar Alhafiz, mahasiswa jurusan Manajemen tahun 2012 yang mengikuti kampanye. Lain halnya dengan Matin, salah satu partisipan lainnya, ia mengatakan belum puas dengan jumlah partisipan yang datang. Menurutnya, sifat keapatisan perlu dihilangkan dan berharap agar para mahasiswa khususnya mahasiswa FEB turut aktif dalam menyukseskan acara maupun agenda yang diadakan oleh BEM-KM, Fakultas, maupun Universitas. “Karena nanti dengan adanya kita di situ, kita turut berkontribusi dan melakukan aksi nyata kecintaan kita terhadap Undip,” pungkas Matin. (gt)

Reporter : Luthfi, Sadewa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *