Penelitian Kualitatif Bisa Jadi Alternatif Tugas Akhir

FEB Undip (28/9) Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (FEB Undip) kembali mengadakan Pelatihan Penelitian Kualitatif yang bertempat di Ruang Serba Guna PKM lantai dua. Acara pelatihan semacam ini rutin diadakan setiap tahun setelah tahun lalu mengangkat topik pelatihan pengolahan data statistik. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yakni pada tanggal 27-28 September 2014 dan dimulai pukul 08.00 WIB dengan sasaran peserta adalah mahasiswa baru FEB Undip.

Pelatihan Penelitian Kualitatif bertujuan untuk memberikan informasi kepada mahasiswa baru seputar penulisan skripsi dengan metode kualitatif. Pada pelatihan ini, peserta diajarkan mulai dari pengumpulan data, aplikasi penelitian kualitatif, serta pembuatan draf penelitian kualitatif. Materi diberikan oleh Agus M. Irkham dan Zudi Yudiawan dengan tema Menulis KaryaTulis Ilmiah.

Pada hari kedua, Pelatihan Penelitian Kualitatif dihadiri sebanyak 60 peserta. Jumlah ini menurut ketua panitia bertambah jika dibandingkan dengan hari pertama. Galib Akhfa (IESP 2010), selaku ketua panitia yang ditunjuk langsung Darwanto selaku penanggungjawab kegiatan mengemukakan bahwa pelaksanaan acara pada hari kedua sediki tmengalami kendala terkait keterlambatan waktu sehingga acara baru dimulai pada pukul 09.30 WIB. Selain itu, pelaksanaan kegiatan yang terbilang mendadak dengan waktu persiapan hanya sekitar satu minggu membuat publikasi acara dirasa kurang. Hal tersebut berakibat pada sedikitnya jumlah mahasiswa yang berpartisipasi. Sehubungan dengan minimnya publikasi dari panitia, salah satu peserta, Oktiana Palupi berharap agar promosi acara dapat lebih digalakkan sehingga jumlah peserta yang hadir lebih banyak lagi.

Acara dinilai Oktiana memberi manfaat bagi mahasiswa baru untuk mempersiapkan diri dalam menghadpi skripsi. “Disini, saya dapat ilmu tentang penulisan skripsi biar cepet lulus. Dari bapaknya tadi juga berpesan kalau mau skripsi jangan mepet semester atas”, ungkapnya. (nq)

Reporter: Benna dan Nisa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *