Peningkatan Kualitas Mimbar Bebas Calon Ketua HMJA 2015

FEB Undip (4/11) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Akuntansi (HMJA) FEB Undip adakan mimbar bebas calon ketua periode 2015/2016 berdurasi sekitar 2 jam di Dome FEB Undip. Acara dibuka oleh Rizal Hari Magnadi selaku Staff Bidang Kemahasiswaan. “Mimbar bebas ini bertujuan memfasilitasi para calon agar dapat menyampaikan visi misinya dengan baik. Karena kalau dari sosial media atau poster itu penyampaiannya saya kira hanya sebatas 30%, tapi dengan penjelasan kata-kata seperti ini penyampaiannya bisa sampai 100% dan pendengar bisa semakin yakin bahwa siapapun yang dipilih itu memang yang terbaik,” tutur Fadil selaku ketua panitia. Sama seperti tahun lalu, suksesi HMJA kali ini juga diikuti oleh dua calon, yaitu Roy Hansend Gultom dan Faisal Zahrudin. Turut hadir sebagai panelis, Mbarep Ilyas selaku Ketua HMJA 2014, Leryando Junior sebagai Sekretaris Umum HMJA 2014, dan Perwakilan Senat Mahasiswa FEB Undip yaitu Ahmad Fadil.

Suasana Mimbar Bebas Calon Ketua HMJA

Mimbar bebas dibagi menjadi empat sesi yang dipandu oleh Priaji Adhikara sebagai moderator. Sesi pertama yaitu penyampaian visi-misi dan perkenalan masing-masing kandidat, tanya jawab kandidat dengan panelis serta perwakilan mahasiswa angkatan 2012, 2013, 2014, dan 2015. Sesi kedua, yaitu tanya jawab antarkandidat dan sesi terakhir penilaian kandidat terhadap kelebihan lawan kandidat. Penampilan akustik di antara sesi pertama dan ke dua membuat suasana mimbar bebas berbeda dari biasanya. Selain itu, terdapat juga sesi spesial yang memberikan kesempatan pada masing-masing calon untuk mengungkapkan perasaannya setelah melakukan mimbar bebas dan promosi.

Menurut Putri, mahasiswa Akuntansi 2014, pelaksanaaan mimbar bebas tahun ini mengalami perkembangan dibandingkan tahun sebelumnya. “Dari waktu sudah lebih on time, partisipasinya sudah lebih banyak,” ujarnya. Ia juga mengatakan bahwa mahasiswa harus memiliki kesadaran dalam mengikuti mimbar bebas guna mengenal lebih jauh calon-calon yang akan dipilih nantinya.

Fadil berharap Ketua HMJA selanjutnya dapat membawa Akuntansi menjadi lebih baik lagi, serta merangkul seluruh warga Akuntansi untuk menghilangkan kesenjangan yang ada di antara mahasiswa dan HMJA.“Karena warga akuntansi mengira HMJA itu terlalu eksklusif, semoga pemimpin yang baru ini bisa menghilangkan hal tersebut, dan semoga warga akuntansi bisa yakin dan percaya bahwa pemimpin kedua calon ini memang layak, mereka yang terbaik untuk memimpin akuntansi,” tutup Fadil. (gt)

Reporter : Ida Maslakhah

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *