Perwakilan Mahasiswa Teknik Menjadi MWA Unsur Mahasiswa

d3f6ebd9-0f55-49ef-b326-e739a0c6cb6b (1)Undip (21/12) – Kampanye terbuka dan Pemilihan Majelis Wali Amanah (MWA) Unsur Mahasiswa Universitas Diponegoro telah dilaksanakan. Bertempat di Student Centre, kegiatan yang difasilitasi oleh Panitia Pemilihan (panlih) ini bertujuan untuk mengenalkan calon sekaligus memilih MWA Unsur Mahasiswa. Acara ini dihadiri oleh beberapa perwakilan BEM Undip, Senat Mahasiswa, BEM dan Senat Mahasiswa Fakultas, serta perwakilan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Ada tiga calon pada pemilihan MWA unsur mahasiswa, yakni Yanfa’uni Ade Pradena Wibowo (Fakultas Teknik 2012), M. Naufal Thaha (Fakultas Ekonomika dan Bisnis 2012) dan Firdaus Silabi Al-Attar (Fakultas Hukum 2013). Pada sesi pertama, masing-masing calon memperkenalkan diri lalu menjelaskan visi – misi mereka. “Tujuan dari MWA unsur mahasiswa adalah membuat peraturan yang sesuai dengan mahasiswa. Tergantung isu-isu di Undip, MWA unsur mahasiswa juga akan membawa isu-isu itu ke atas (MWA) dan dikawal untuk sesuai dengan mahasiswa” jelas salah satu kandidat, M. Naufal Thaha. Untuk mendukung hal itu, dia berniat membuat kotak aspirasi dan memanfaatkan media social sebagai penampung aspirasi seluruh mahasiswa.

Sesi berikutnya adalah sesi tanya jawab dengan para panelis dan beberapa perwakilan mahasiswa. Bahasan dalam sesi tanya jawab antara lain strategi dalam menampung dan menyuarakan aspirasi mahasiswa kepada MWA mulai dari program Diploma hingga Pascasarjana. Selain itu dibahas pula isu terkini terkait status Undip yang akan berubah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), hingga indikator kegagalan dari masing-masing calon setelah mereka terpilih.

Firdaus Silabi Al-Attar, calon dari Fakultas Hukum ini menyoroti tentang isu MWA dan kaitannya dengan status PTN-BH yang sempat membingungkan mahasiswa. “Sangat penting untuk lebih mengedukasi mahasiswa mengenai posisi MWA unsur mahasiswa dengan status Undip sebagai PTN-BH. Mengingat ini juga baru tahun pertama MWA itu ada,” tutur Firdaus

Sementara Yanfa’uni Ade Pradena Wibowo, yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bidang Sosial Politik BEM Undip 2015 lebih menyoroti tentang bagaimana system kaderisasi MWA unsur mahasiswa kelak.

Sesi terakhir adalah penutupan kampanye lalu isoma 15 menit. Selanjutnya dilakukan rapat tertutup pemilihan MWA unsur mahasiswa yang masing-masing fakultas mendapatkan satu hak suara. Yanfa’uni Ade Pradena Wibowo (Fakultas Teknik 2012) terpilih MWA unsur mahasiswa pertama,mengalahkan dua kandidat lainnya. “MWA unsur mahasiswa akan dilantik 2 Januari 2016 bersama MWA unsur-unsur lain, dengan masa jabatan selama satu tahun,” terang Irvan Abu, salah satu panlih. (nw)

Reporter : Niki Agni

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *